Desa Wisata Lerep Pesona Edukasi Ekologi dan Kuliner di Lereng Ungaran

Desa Wisata Lerep Pesona Edukasi Ekologi dan Kuliner di Lereng Ungaran – Desa Wisata Lerep merupakan desa wisata yang terletak di lereng Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Desa ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Berbeda dari desa wisata pada umumnya, Lerep memadukan unsur edukasi, ekologi, dan kuliner dalam balutan keramahan khas Jawa Tengah.

Udara sejuk khas pegunungan langsung menyambut kedatangan Anda di Desa Wisata Lerep. Desa ini dikelilingi oleh hamparan sawah yang hijau dan asri, serta dihiasi air terjung Curug Indrokilo yang jernih. Selain itu ada pula Puncak Ngipik yang menjadi spot favorit untuk menikmati panorama matahari terbit yang memukau. Anda juga dapat menikmati keindahan Sungai Pangus dengan bebatuan alami yang menyegarkan. 

Menimba Ilmu dan Pengalaman

Desa Wisata Lerep didesain sebagai tempat wisata edukasi. Beragam kegiatan menarik dapat Anda ikuti, seperti:

  • Bercocok tanam dan beternak: Belajar dari masyarakat lokal tentang cara bercocok tanam padi, sayur-sayuran, dan beternak sapi perah.
  • Membuat produk olahan: Ikuti workshop pembuatan susu sapi, kopi, gula aren, dan kerajinan bambu.
  • Pengolahan limbah: Pelajari cara mengolah limbah menjadi barang bernilai guna.
  • Tradisi budaya: Saksikan dan ikuti kegiatan tradisi seperti Sadranan, Iriban, Kadeso, dan Gebuk Bumbung.

Kuliner yang Menggugah Selera

Desa Wisata Lerep juga memanjakan lidah Anda dengan beragam kuliner khas pedesaan yang lezat dan menggugah selera. Anda dapat mencicipi aneka menu di Pasar Jajanan Ndeso Tempo Dulu, yang hadir setiap Minggu pagi. Jangan lewatkan untuk menikmati menu-menu di bawah ini:

  • Nasi jagung: Nasi hangat dengan lauk pauk sederhana yang nikmat.
  • Tempe mendoan: Tempe berbalut tepung dengan sambal kacang yang pedas.
  • Wedang ronde: Minuman jahe hangat dengan berbagai isian yang manis dan mengenyangkan.

Penginapan dan Fasilitas

Desa Wisata Lerep Pesona Edukasi Ekologi dan Kuliner di Lereng Ungaran – Desa Wisata Lerep menyediakan berbagai pilihan penginapan, mulai dari homestay yang sederhana hingga villa yang nyaman. Beberapa fasilitas seperti toilet, mushola, dan area parkir juga tersedia untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Desa Wisata Lerep dapat diakses dengan mudah dari Kota Semarang. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Perjalanan dari pusat kota memakan waktu sekitar 30 menit.

Baca juga : Tari Yapong Semarak Perpaduan Budaya Betawi dan Tionghoa

Desa Wisata Lerep menawarkan pengalaman wisata yang unik dan berbeda. Kombinasi edukasi, ekologi, dan kuliner menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang ingin berlibur sambil belajar dan merasakan kearifan lokal. Suasana alam yang asri dan keramahan masyarakat desa semakin melengkapi pengalaman wisata Anda di Lerep.
Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *