Desa Wisata Wukirsari Destinasi Wisata Berkelanjutan di Bantul

Desa Wisata Wukirsari Destinasi Wisata Berkelanjutan di Bantul – Desa Wisata Wukirsari merupakan salah satu desa wisata unggulan yang berada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini terletak di Kecamatan Imogiri, sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Desa Wisata Wukirsari memiliki berbagai potensi wisata yang menarik, antara lain:

  • Embung Imogiri: Embung ini berbentuk seperti gunungan wayang, sehingga menjadi salah satu ikon Desa Wisata Wukirsari. Embung ini menjadi tempat favorit wisatawan untuk bersantai, memancing, dan berfoto. 
  • Bukit Bego: Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dengan hamparan persawahan dan perbukitan yang hijau. Wisatawan dapat menikmati pemandangan dari puncak bukit dengan menggunakan gondola atau berjalan kaki. 
  • Desa Wisata Edukasi: Desa Wisata Wukirsari juga memiliki desa wisata edukasi yang menawarkan berbagai macam kegiatan edukatif, seperti belajar membatik, membuat kerajinan tangan, dan mengenal tanaman herbal.

Selain potensi wisata alam dan edukasi, Desa Wisata Wukirsari juga memiliki potensi wisata budaya yang menarik untuk dipelajari. Desa ini memiliki berbagai macam budaya tradisional, seperti kesenian tari, seni musik, dan seni pertunjukan.

Desa Wisata Wukirsari dikelola secara mandiri oleh masyarakat desa. Masyarakat desa memiliki peran penting dalam pengembangan desa wisata ini. Mereka berperan dalam pengelolaan destinasi wisata, penyediaan berbagai macam produk dan jasa wisata, serta pengembangan potensi wisata desa.

Baca juga : Kue Putu Mayang Kue Tradisional Betawi yang Lezat

Desa Wisata Wukirsari telah meraih berbagai macam penghargaan, antara lain:

  • Juara 1 Desa Wisata Maju dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023
  • Juara 1 Desa Wisata Terbaik di Kabupaten Bantul tahun 2019

Penghargaan-penghargaan ini menunjukkan bahwa Desa Wisata Wukirsari merupakan salah satu desa wisata yang patut dikunjungi. Desa ini menawarkan berbagai macam potensi wisata yang menarik dan dikelola secara berkelanjutan.

Berikut adalah beberapa tips untuk berkunjung ke Desa Wisata Wukirsari:

  • Datanglah pada musim kemarau, karena cuaca akan lebih cerah dan pemandangan akan lebih indah.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman, karena Anda akan banyak berjalan kaki.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen-momen indah di Desa Wisata Wukirsari.

Desa Wisata Wukirsari merupakan destinasi wisata yang cocok untuk semua kalangan. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam, budaya, dan kuliner khas desa ini.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di(0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *