Eksplorasi Keindahan Alam di Ekowisata Kali Talang

Eksplorasi Keindahan Alam di Ekowisata Kali Talang – Gunung Merapi adalah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, Indonesia. Gunung ini merupakan gunung berapi paling aktif di Indonesia dan telah meletus lebih dari 60 kali dalam sejarahnya. Keindahan Gunung Merapi terletak pada kegagahan gunung ini dan pemandangan alamnya yang masih asri. Dari puncak Gunung Merapi, pengunjung dapat melihat pemandangan yang indah, seperti hamparan sawah, perbukitan, dan kota-kota di sekitarnya. Salah satu daya tarik wisatanya yaitu Ekowisata Kali Talang. 

Ekowisata Kali Talang merupakan sebuah destinasi wisata alam yang terletak di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan Gunung Merapi yang indah dan mempesona dari ketinggian sekitar 1.160 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ekowisata Kali Talang didirikan oleh pemuda Desa Balerante Klaten sejak tahun 2016. Kemudian, pada tahun 2017, daya tarik wisata ini diresmikan oleh Bupati Klaten. 

Dari ekowisata ini, puncak dan kawah Gunung Merapi terlihat begitu dekat dan lebih jelas dilihat jika menggunakan lensa tele atau zoom. Waktu terbaik untuk mengunjungi Ekowisata Kali Talang adalah pada pagi atau sore hari saat cuaca tidak terlalu panas.

Di Ekowisata Kali Talang, pengunjung dapat melakukan camping dengan pemandangan Merapi dan sunset yang menawan. Kegiatan camping di Ekowisata Kali Talang tidak dibuka setiap hari, hanya pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Selain itu, pemandangan Gunung Merapi bisa dijadikan sebagai latar belakang foto yang cantik. Saat malam hari, pengunjung dapat menikmati gemerlap lampu perkotaan Kota Yogyakarta dari atas.

Ekowisata Kali Talang berada di Jalan Kalitalang KM 3, Desa Balerante, Kec. Kemalang, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari arah Jogja, ikuti jalan Kaliurang menuju Bukit Klangon. Kemudian, belok kanan di pertigaan setelah SD Negeri Kejambon 2 dan ikuti jalan hingga ke Balerante. Dari Balerante, ikuti petunjuk arah menuju Kali Talang. 

Eksistensi Ekowisata Kali Talang perlu untuk dipertahankan. Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan eksistensi Kali Talang diantaranya dengan pengelolaan sampah dengan baik dan benar, pemberdayaan masyarakat setempat, pengadaan wisata edukasi kelestarian alam, melakukan kajian dan penelitian mengenai pengembangan pariwisata. Kajian kepariwisataan penting untuk dilakukan karena membantu dalam perencanaan dan pengembangan wisata yang berkelanjutan, meningkatkan daya saing industri wisata, meningkatkan kualitas wisata, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Baca juga : Sejarah Kondisi dan Masa Depan Pasar Perjuangan Srowolan

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *