Hidupkan Sungai dengan Promenade

Hidupkan Sungai dengan Promenade – Sungai, urat nadi kehidupan kota, kerap kali terabaikan dan bahkan menjadi sumber masalah lingkungan. Pencemaran, pendangkalan, dan minimnya ruang hijau di sekitarnya menjadi pemandangan umum. Namun, ada sebuah solusi yang dapat mengembalikan sungai menjadi wajah kota yaitu dengan membangun promenade.

Promenade merupakam kawasan pejalan kaki yang membentang di sepanjang sungai, menawarkan lebih dari sekadar jalur rekreasi. Ia menjadi jembatan penghubung antara warga dan sungai, sekaligus ruang publik yang hijau, asri, dan berkelanjutan. 

Manfaat Promenade

  • Meningkatkan kualitas lingkungan 

Adanya promenade mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai. Adanya ruang publik yang nyaman membuat warga turut berperan aktif dalam mencegah pembuangan limbah dan menjaga kelestarian ekosistem sungai.

  • Menciptakan ruang publik 

Kawasan tepi sungai yang kumuh dan tidak terawat disulap menjadi ruang publik yang hijau dan nyaman. Promenade menjadi wadah bagi warga untuk bersosialisasi, berinteraksi, dan membangun rasa kebersamaan. Promenade dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas, seperti berjalan kaki, bersepeda, berolahraga, bersantai, atau menikmati keindahan sungai. Kegiatan komunitas, pertunjukan seni, atau festival budaya dapat digelar di sepanjang promenade untuk semakin menyemarakkan suasana.

  • Mendorong perekonomian lokal

Kehadiran promenade dapat meningkatkan daya tarik kawasan dan mendorong tumbuhnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sekitarnya. Penjual makanan, minuman, atau penyedia jasa penyewaan sepeda bisa turut meramaikan suasana promenade.

  • Mengurangi resiko banjir

Jalur hijau yang tercipta di sepanjang sungai dapat berfungsi sebagai daerah resapan air, sehingga mengurangi risiko banjir saat musim hujan.

Contoh pembangunan promenade yang telah berhasil adalah di Sungai Cheonggyecheon, Korea Selatan. Sungai ini dahulu merupakan jalan layang, kini menjadi ruang publik yang hijau dan asri dengan promenade sepanjang 8,9 km.

Promenade Sungai Cheonggyeocheon, Korea Selatan 

Sumber: https://www.tribunnewswiki.com/2023/01/11/sungai-cheonggyecheon

Pembangunan promenade di sepanjang sungai merupakan langkah nyata menuju kota yang berkelanjutan. Tidak hanya menghadirkan ruang publik yang nyaman, tetapi juga berkontribusi pada pelestarian lingkungan, peningkatan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat. Mari bersama hidupkan sungai dengan promenade, wujudkan kota yang hijau, asri, dan berkelanjutan untuk masa depan!

Baca juga : Rupa-rupa Mitos Gunung Merapi

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *