Lawang Sewu Gedung Bersejarah di Kota Semarang

Lawang Sewu Gedung Bersejarah di Kota Semarang – Lawang Sewu adalah bekas gedung perkantoran di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Ini merupakan kantor pusat Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda (Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij/NIS) dan dimiliki oleh perusahaan kereta api nasional Kereta Api Indonesia (KAI).

Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Gedung ini memiliki luas sekitar 18.232 meter persegi dan terdiri dari tiga lantai. Lawang Sewu memiliki arsitektur yang unik dan menarik, dengan banyak pintu dan jendela. Nama Lawang Sewu berarti “seribu pintu” dalam bahasa Jawa.

Lawang Sewu memiliki sejarah yang panjang dan berliku. Gedung ini pernah menjadi saksi bisu berbagai peristiwa penting, seperti Perang Dunia II dan Revolusi Indonesia. Lawang Sewu juga sempat menjadi tempat penyiksaan oleh tentara Jepang.

Pada tahun 1992, Lawang Sewu ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah Indonesia. Gedung ini kemudian direnovasi dan dibuka kembali untuk umum pada tahun 2007.

Saat ini, Lawang Sewu menjadi salah satu objek wisata paling populer di Semarang. Gedung ini menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Lawang Sewu menawarkan berbagai pengalaman menarik, mulai dari wisata sejarah hingga wisata budaya.

Baca juga : Analisis Aksesbilitas Wilayah Giripurwo

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan di Lawang Sewu:

  • Menjelajahi bangunan: Lawang Sewu memiliki banyak ruangan yang bisa dijelajahi. Pengunjung bisa melihat berbagai koleksi benda bersejarah, seperti foto-foto, dokumen, dan peralatan kereta api. 
  • Mengikuti tur: Lawang Sewu menawarkan berbagai tur, termasuk tur sejarah, tur budaya, dan tur misteri. Tur ini akan mengajak pengunjung untuk menjelajahi Lawang Sewu secara lebih mendalam.
  • Mengikuti acara: Lawang Sewu sering dijadikan sebagai lokasi untuk berbagai acara, seperti pameran, konser, dan festival. Pengunjung bisa mengikuti acara-acara tersebut untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menarik.

Lawang Sewu merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang ingin mengenal sejarah dan budaya Semarang. Gedung ini merupakan salah satu ikon kota Semarang yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungu admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *