Melestarikan potensi budaya lokal tradisional Kelurahan Notoprajan

Melestarikan potensi budaya lokal tradisional Kelurahan Notoprajan melalui event “Jogo X Jogo” – RKB Notoprajan memiliki Upacara Adat yang sudah diselenggarakan secara rutin yaitu Jogo X jogo yang juga sudah pernah mewakili Kota Yogya dalam Festival Upacara Adat DIY. Event budaya “Jogo X Jogo” Winongo yang mempunyai tujuan untuk memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa budaya yang ada memang perlu dilestarikan sehingga tidak hilang oleh waktu. Budaya yang ada pun menyesuaikan dengan wilayah yang ada. Untuk kegiatan “Jogo X Jogo” Winongo dititik beratkan di daerah aliran sungai Winongo yang sudah mempunyai beberapa fasilitas penunjang dalam rangka menuju Kampung Wisata dan menjadi icon wisata air yang ada di Kelurahan Notoprajan.

Sebagai kegiatan awal yang dilakukan yakni melakukan prosesi bersih sungai dari berbagai hal yang membuat tidak lancar seperti banyaknya sampah yang ada di sungai sehingga membuat air sungai menjadi tidak lancar sehingga ketika hujan datang maka tidak menimbulkan banjir yang membuat bencana bagi warga. Dengan perilaku yang arif terhadap sungai maka harapannya sungai dapat dikembangkan lebih maksimal lagi agar bisa menjadi asset yang bisa memberikan pemasukan bagi warga dengan berbagai sarana yang sudah ada, seperti Flying Fox, wisata kuliner dan panggung hiburan yang dapat dimanfaatkan oleh warga untuk mengembangkan seni dengan mengadakan berbagai pentas kesenian.

Event budaya “Jogo X Jogo” ini yakni mengembangkan dan melestarikan potensi budaya lokal dan tradisional yang merupakan tanggung jawab bersama dengan tidak meninggalkan ciri khas daripada daerah asal agar masyarakat luas dan generasi muda dapat mengerti dan memahami untuk dapat ikut menjaganya. Budaya yang dimunculkan disesuaikan dengan kondisi di masyarakat yakni budaya yang positif di mana pentingnya melestarikan lingkungan agar dapat memberikan manfaat bagi warga.

Baca juga : Rencana Bisnis untuk Pengembangan Ekowisata

Demikian artikel ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di(0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *