Mengenal Museum Sandi sebagai DTW Unggulan

Mengenal Museum Sandi sebagai DTW Unggulan – Museum Sandi merupakan museum kriptologi satu-satunya di Indonesia. Museum Sandi merupakan unit pelaksana teknis di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara. Museum Sandi dibangun atas prakarsa bersama antara Kepala Lembaga Sandi Negara RI, Mayjen TNI Nachrowi Ramli dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tahun 2006 kemudian dibuka pada tanggal 29 Juli 2008 bertempat di lantai dasar Museum Perjuangan Yogyakarta. Untuk meningkatkan mutu pelayanan kemudian Museum Sandi dipindahkan ke bangunan cagar budaya berarsitektur Belanda, yang digunakan sebagai kantor Kementerian Luar Negeri pada tahun 1947 di jalan Faridan Muridan Noto 21 Kotabaru, Yogyakarta. 

Bangunan ini berada di dalam Kawasan Kotabaru yang merupakan kawasan hunian masyarakat Eropa pada masa Kolonial. Pada masa awal berdirinya bangunan ini juga ditujukan sebagai rumah tinggal bagi orang-orang Eropa. Bangunan ini bercirikan arsitektur Indis khas kawasan Kotabaru. Bangunan ini memiliki 2 lantai dengan ukuran pintu dan jendela yang besar. Pada lantai dua terdapat balkon yang membuatnya terlihat semakin megah. Museum Sandi berisikan sejarah persandian di dunia secara umum dan Indonesia secara khusus. Salah satu koleksi unggulan yang ada adalah peralatan sandi yang digunakan pada masa Agresi Militer Belanda I dan II. Selain merupakan wisata edukasi sejarah persandian, Museum Sandi juga digunakan sebagai tempat belajar MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Kawasan museum tertata, rapi dan bersih. Manajemen dikelola dengan baik dan sudah tersedia ulasan/ pesan kesan pengunjung berbasis digital.

Baca juga : Pariwisata di Bali Destinasi Wisata Terpopuler di Indonesia

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *