MENGENAL PONDASI BATU KALI

pinhome

MENGENAL PONDASI BATU KALI – Pada saat membangun rumah tentu diperlukan pondasi yang kokoh agar dapat berhan lama dan rumah tidak rubuh. Pondasi merupahan hal pertama yang perlu diperhitungkan pada saat membangun bangunan, selain ukuran dan bahan bahan yang diperlukan saat membangun pondasi, jenis pondasi yang digunakanpun perlu diperhatikan. Terdapat banyak jenis pondasi yang dapat digunakan pada saat membangun bangunan, salah satunya yaitu pondasi batu kali.

Pondasi batu kali adalah struktur bangunan dasar yang menggunakan batu kali sebagai material utamanya. Melansir dari Hunker, batu kali mengacu pada berbagai kelompok batuan yang telah aus dan dibulatkan oleh gerakan air. Tak heran kalau batu kali paling sering ditemukan di pantai dan di dasar sungai. Bentuknya pun terdiri dari berbagai ukuran, warna dan tekstur. Jenisnya bisa berupa sedimen, beku, atau metamorf bergantung kepada kondisi geografi sungai tempat batuan tersebut ditemukan.

Terdapat beberapa kelebihan penggunaan batu kali sebagai pondasi

  1. Sederhana dan Praktis

Selain pengerjaannnya yang tidak membutuhkan material yang terlalu banyak, proses pengerjaannya pun terbilang sederhana karena tidak perlu membutuhkan alat berat.

  1. Pemasangan yang Fleksibel

Ukuran pondasi batu kali dapat menyesuaikan ukuran area yang akan dibangun, selain itu penggunaan pondasi ini dapat meminimalisir beban lain ketika terdapat ketidaksesuaian pada proses pengerjaan.

  1. Awet dan Tahan Lama

Pondasi batu kali dinilai kokoh dan dapat bertahan lama, selain itu pondasi batu kali dinilai dapat tahan terhadap kebocoran.

  1. Hemat Waktu Pengerjaan

Tidak hanya menghemat material, pondasi batu kali dapat dipasang secara cepat sehingga dapat menghemat waktu dan biaya pengerjaan.

  1. Biaya Terjangkau dan Mudah Ditemukan

Pondasi batu kali terbilang sederhana karena hanya memerlukan material batu kali, semen, dan pasir. Material tersebut mudah dicari di toko bangunan dan harganya pun dapat dibilang terjangkau.

Demikian artikel ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan kami, anda dapat menghubungi admin (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *