Menilik Konsep Rencana Pariwisata di IKN Nusantra

Menilik Konsep Rencana Pariwisata di IKN Nusantra – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengungkapkan bahwa IKN Nusantara diprediksi akan menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 5,3% di 2023. Pembangunan IKN Nusantara telah dimulai sejak akhir tahun 2022. Mengutip dari Buku Saku IKN, kawasan IKN akan dibagi menjadi tiga zonasi atau kawasan, yaitu Kawasan Inti Pusat Pemerintahan, Kawasan Barat IKN, dan Kawasan Timur IKN. 

Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) akan difokuskan menjadi lokasi pusat pemerintahan nasional, smart government, serta kompleks pariwisata. Kawasan Barat IKN akan difokuskan menjadi lokasi perkantoran, bisnis, dan pendidikan. Sementara Kawasan Timur IKN akan difokuskan menjadi lokasi perkantoran, hotel, area Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions (MICE). 

Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang dicanangkan akan dikembangkan dengan konsep eco tourism. Eco tourism atau ekowisata adalah kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan yang mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya, ekonomi masyarakat lokal, serta aspek pembelajaran dan pendidikan. 

IKN Nusantara memiliki kekayaan alam yang luar biasa, yang dapat dikembangkan menjadi berbagai destinasi wisata alam. Misalnya, kawasan hutan hujan tropis dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata alam seperti taman nasional, jalur pendakian, atau wisata air. Danau-danau yang ada di IKN Nusantara juga dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata air seperti wisata perahu, wisata memancing, atau wisata kuliner.

IKN Nusantara juga memiliki budaya yang beragam, yang diwakili oleh berbagai suku adat yang ada di Kalimantan. Untuk melestarikan budaya lokal ini, pemerintah akan mengembangkan destinasi wisata budaya yang mengangkat kearifan lokal. Misalnya, pemerintah dapat mengembangkan desa wisata yang dikelola oleh masyarakat adat. Pengembangan infrastruktur pariwisata juga menjadi salah satu fokus dari konsep rencana pariwisata di IKN Nusantara. Pemerintah akan membangun sarana dan prasarana pariwisata yang memadai, seperti jalan, bandara, pelabuhan, hotel, dan restoran.

Baca juga : Rekomendasi Ruang Terbuka Hijau di Jakarta yang Cocok Untuk Melepas Penat

Pemerintah menargetkan IKN Nusantara dapat menjadi destinasi wisata kelas dunia pada tahun 2045. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah akan terus berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata di IKN Nusantara secara berkelanjutan.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *