Nepal Van Java Pesona Jawa Tengah

Nepal Van Java Pesona Jawa Tengah – Kawasan Kaliangkrik di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah atau uang sering deisebut sebagai Nepal Van Java karena tampilannya yang mirip dengan penduduk Nepal yang tinggal di bagian bawah gunung Himalaya. Perkampungan tertinggi di Magelang adalah Dusun Butuh, yang berada di kaki Gunung Sumbing. Nepal van Java adalah salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi dan mengingatkan akan suatu tempat wisata di luar negeri. Sebenarnya, Nepal Van Java ini meruapakan julukan untuk perkampungan yang memiliki perkampungan ini memiliki pemandangan yang unik, dengan rumah-rumah penduduknya terlihat saling berdekatan dari kejauhan. 

Pemandangan di Dusun Butuh sangat mempesona, indah, dan asri serta diselimuti oleh udara yang sangat dingin. Desanya berada di tempat yang agak miring mengikuti kontur kaki Gunung Sumbing. Jika para wisatawan penikmat matahari terbit (sunrise), Dusun Butuh merupakan tempat yang menarik dan cocok untuk dijadikan tempat destinasi wisata. Menparekraf Sandiaga Uni juga terpesona ketika dia melihat salah satu keunggulan desa wisata ini. Dusun Butuh memiliki udara yang sejuk dan bersih, serta pemandangan yang indah. Hal ini disebabkan oleh kedekatannya dengan pegunungan, yang membuatnya mudah menghirup udara.

Para pengunjung yang akan hendak berkunjung ke Nepal van Java akan menemukan banyak lokasi yang cocok untuk foto Instagram able Gapura Dusun, Teras Nepal, Taman Depok, Teras Masjid, dan Gapura. Jika sudah selesai melakukan perjalanan mengelilingi Nepal van Java, para wisatawan atau pengunjung juga dapat beristirahat di kedai-kedai dengan pemandangan luar biasa. Oleh karenanya perlu untuk diketahui bahwa Dusun Butuh adalah salah satu rute untuk mendaki Gunung Sumbing. Tiket ke Nepal van Java atau Dusun Butuh seharga Rp 15.000.

Para wisatawan dipastikan harua memiliki kendaraan yang kuat ketika menghadap tanjakan ekstrim saat menuju Dusun Butuh atau Nepal van Java karena memiliki ketinggian 1.600 MDPL. Untuk mencapai tujuan ini, pengunjung harus memastikan bahwa kendaraan yang digunakan, baik mobil maupun motor, dalam kondisi baik dan mampu mendaki dengan baik. Namun, para wisatawan atau pengunjung  tidak perlu khawatir jika tidak cukup kuat untuk mendaki. Oleh karena itu, ada layanan ojek wisata yang dapat mengantar pengunjung ke lokasi Nepal van Java.

Baca juga : Peran Penting Taman dalam Desain Perkotaan

Kemudian setelah menaiki sebuah tanjakan, rem dan menikmati pemandangan, lebih baik berhenti sejenak setelah beberapa jalur turun. Tanjakan dan turunan sudah menjadi satu kesatuan yang harus tetap diwaspadai oleh para pengunjugn. Pengunjung harus mewaspadai kondisi rem kendaraan mereka selain kendaraan yang kuat untuk menanjak. Jika  wisatawan terus mengerem saat melewati turunan, rem Anda mungkin blong. Untuk mendinginkan rem dan menikmati pemandangan, lebih baik berhenti sejenak setelah beberapa jalur turun.

mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungu admin kami di(0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *