Oleh-Oleh Khas Jakarta

Oleh-Oleh Khas Jakarta – Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, memiliki berbagai oleh-oleh khas daerah yang menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas daerah Jakarta yang sering dibelanjakan oleh wisatawan:

  1. Kerajinan Betawi: Betawi adalah suku asli Jakarta yang memiliki warisan budaya yang kaya. Kerajinan tangan Betawi seperti topeng Betawi, wayang kulit Betawi, dan anyaman bambu atau rotan khas Betawi sering menjadi pilihan oleh-oleh bagi wisatawan yang ingin membawa pulang kenang-kenangan autentik dari Jakarta.
  2. Kuliner Betawi: Makanan khas Betawi juga menjadi oleh-oleh favorit. Contohnya adalah kerak telur (makanan tradisional berbahan dasar telur dan beras), ketoprak (nasi goreng khas Jakarta), soto betawi, dan kue-kue tradisional seperti kue rangi atau kue ape.
  3. Batik Jakarta: Batik dengan motif khas Jakarta juga menjadi pilihan oleh-oleh yang populer. Motif-motif yang terinspirasi dari budaya dan ikon kota Jakarta, seperti Monas, kembang goyang, atau pemandangan kota, sering dicari oleh wisatawan yang ingin membawa pulang batik dengan sentuhan lokal.
  4. Souvenir Monas: Monumen Nasional (Monas) adalah ikon Jakarta yang terkenal. Oleh karena itu, souvenir-souvenir yang terkait dengan Monas, seperti miniatur Monas, merchandise dengan gambar Monas, atau cenderamata lain yang menampilkan Monas sering dicari oleh wisatawan sebagai kenang-kenangan dari kunjungan mereka ke Jakarta.
  5. Kopi Jakarta: Jakarta juga memiliki kopi lokal yang terkenal, seperti kopi Aceh Gayo atau kopi Toraja. Wisatawan sering membeli kopi lokal ini sebagai oleh-oleh untuk dinikmati sendiri atau diberikan kepada teman dan keluarga.
  6. Produk Fashion dan Aksesori: Jakarta juga dikenal sebagai pusat mode dan belanja di Indonesia. Wisatawan sering membeli produk fashion seperti baju, tas, sepatu, atau aksesori mode lainnya yang diproduksi oleh desainer lokal atau merek terkenal Jakarta.

Dengan membeli oleh-oleh khas daerah Jakarta, wisatawan tidak hanya membawa pulang kenang-kenangan yang autentik dari kunjungan mereka, tetapi juga mendukung pengembangan industri lokal dan warisan budaya kota Jakarta.
Baca juga : Oleh-oleh Khas Batam

Kami selaku konsultasi pariwisata mengucapkan terimakasih kepda instansi tekait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi para pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungu admin kami di (0812-3299-9470).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *