Oleh-oleh Khas Batam

Oleh-oleh Khas Batam – Batam, sebagai salah satu kota di Kepulauan Riau yang terkenal sebagai pusat perdagangan dan pariwisata, memiliki beragam oleh-oleh khas yang sering dicari oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa contoh oleh-oleh khas Batam:

  1. Kuliner Khas: Batam dikenal dengan berbagai makanan lezat yang menjadi oleh-oleh favorit wisatawan. Contohnya adalah kue lapis legit, kue cubit, kue lapis singkong, kue leker, dan berbagai jenis kue tradisional lainnya.
  2. Ikan Asin: Kepulauan Riau terkenal dengan hasil lautnya, termasuk ikan asin yang khas. Wisatawan sering membawa pulang ikan asin sebagai oleh-oleh, seperti ikan bilis, ikan teri, atau ikan belah.
  3. Kerajinan Tangan: Batam juga memiliki berbagai kerajinan tangan yang unik dan menarik. Contohnya adalah anyaman rotan, keramik, souvenir dari kerang laut, patung-patung miniatur, atau produk-produk kerajinan lainnya.
  4. Produk Kesehatan dan Kecantikan: Beberapa produk kesehatan dan kecantikan dari Batam juga diminati oleh wisatawan. Ini termasuk produk-produk spa, minyak aromaterapi, sabun tradisional, atau produk-produk perawatan kulit alami.
  5. Produk Tekstil: Batam juga memiliki berbagai produk tekstil seperti kain tradisional, sarung, mukena, kain batik, atau pakaian dengan motif khas daerah.
  6. Souvenir Elektronik: Sebagai pusat perdagangan dan industri elektronik, Batam juga menawarkan berbagai souvenir elektronik seperti power bank, aksesori gadget, atau produk-produk teknologi terbaru yang dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Dengan membeli oleh-oleh wisatawan dapat membawa pulang kenang-kenangan yang unik dan autentik dari kunjungan mereka, sekaligus turut mendukung industri lokal dan ekonomi daerah.
Baca juga : Tren Ekonomi Kreatif Indonesia

Kami selaku konsultasi pariwisata mengucapkan terimakasih kepda instansi tekait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi para pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungu admin kami di (0812-3299-9470).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *