Pemasaran destinasi pariwisata berfungsi untuk memperkenalkan objek wisata kepada publik. Hal ini juga berguna untuk meningkatkan kegiatan pariwisata.
Pariwisata merupakan salah satu industri yang berkembang sangat cepat dan menjadi sumber pendapatan bagi banyak negara. Pariwisata juga membantu merevitalisasi ekonomi lokal dengan menyediakan banyak kesempatan lapangan kerja.
Definisi ekowisata sebagai suatu bentuk kegiatan pariwisata dilakukan dengan tujuan mengonservasi lingkungan dan melestarikan kehidupan serta kesejahteraan penduduk setempat. Semula ekowisata dilakukan oleh wisatawan pecinta alam yang menginginkan berkunjung di daerah tujuan wisata yang lestari. Lama kelamaan, bentuk ekowisata ini berkembang karena banyak digemari oleh wisatawan. Wisatawan ingin berkunjung ke area alami, yang dapat menciptakan kegiatan bisnis. Ekowisata kemudian didefinisikan sebagai bentuk baru dari perjalanan bertanggung jawab ke area pariwisata dan berpetualang yang dapat menciptakan industri pariwisata.
baca juga: Bagaimana Pengelolaan Destinasi Wisata Pantai Pandawa?
Salah satu objek wisata di Indonesia yang menawarkan konsep ekowisata adalah Bedugul. Bedugul merupakan tempat yang unik di Pulau Bali yang memadukan penelitian botani, pelestarian tumbuhan, pendidikan, dan rekreasi. Di sini pengunjung dapat bersantai sambil menikmati keindahan alam serta mempelajari manfaat tumbuhan bagi kehidupan masyarakat. Dari segi konseptual, Komunikasi Pemasaran Terpadu merupakan bagian dari konsep pemasaran objek wisata Bedugul. Bedugul merupakan salah satu objek wisata yang memenuhi kriteria ekowisata. Kunci utama dari pemahaman tentang ekowisata meliputi perjalanan yang bertanggung jawab untuk melakukan perlindungan alam dan budaya di lokasi objek wisata.
Konsep pemasaran destinasi pariwisata Bedugul meliputi Product, Price, Place, dan Promotions atau biasa disingkat 4P. Komunikasi Pemasaran Terpadu tidak hanya melingkupi elemen Marketing Mix yang terakhir saja yakni Promotions, tetapi juga merepresentasikan semua elemen Marketing Mix yang dimiliki objek wisata Bedugul, yang dikemas dalam setiap bauran komunikasi pemasaran untuk kemudian dikomunikasikan kepada publik. Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communications) memfasilitasi terciptanya hubungan komunikasi yang baik antara objek wisata Bedugul dengan para wisatawan yang berkunjung.
Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.
No responses yet