Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Perlindungan Anak

Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Perlindungan Anak Berdasarkan data dari profil desa, hampir semua pemiliki atau pengelola dari UMKM berjumlah sekitar 400 UMKM dikelola oleh perempuan dan sisanya 100 UMKM dikelola oleh laki-laki dengan total populasi 9162 dengan 536 pengelola dan pemilik UMKM yang tercatat dalam Profil Kalurahan Giripurwo. Berdasarkan data ini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pelaku usaha yang memiliki atau mengelola usaha adalah perempuan dengan angka persentase 75 %, sedang sisanya 25% adalah laki- laki. 

Selanjutnya dari total 536 pengelola 400 diantaranya adalah pemilik usaha perempuan Kalurahan Giripurwo ini berpotensi melibatkan lebih banyak tenaga kerja dari total 400 anggota perempuan pengelola UMKM dapat memperkerjakan lebih banyak perempuan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan di Kelurahan Giripurwo. Sedangkan sisanya ada 100 UMKM yang dikelola atau dimiliki oleh laki laki dengan jumlah anggota yang terlibat 55 anggota (26.58%). Secara persentase pelibatan yang menjadi konsep pemberdayaan khususnya pada perempuan secara statistik terdeskripsi dalam paparan kuantitatif sederhana ini bahwa potensi pemberdayaan perempuan di Desa Giripurwo dari aspek UMKM secara riil sudah tergambar dengan sangat jelas potensi bahwa peran aktif pelaku usaha perempuan sebanyak 16 orang mampu melibatkan hampir 10 kali lipat dengan jumlah 152 anggota masyarakat. 

Baca juga : Peran Kearifan Lokal dalam Pengembangan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan

Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk di Kalurahan Giripurwo – Selanjutnya perkembangannya ke depan dengan lebih banyak melibatkan perempuan sebagai pengelola atau pemilik usaha akan berpotensi ke depannya lebih banyak lagi warga masyarakat Kalurahan Giripurwo yang akan terlibat, khususnya perempuan. Harapan selanjutnya perempuan khususnya di Kalurahan Giripurwo akan menjadi lebih berdaya secara sosial maupun ekonomi.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *