Pengembangan Destinasi Wisata Untuk Optimalkan Aset BP Batam

Penelitian Pariwisata-Kegiatan kajian ini menghasilkan Roadmap Pengembangan Daya Tarik Wisata dalam Pengoptimalisasian Aset BP Batam, yang disusun berdasarkan 10 isu strategis kepariwisataan Batam yang saat ini perlu ditangani. Dalam pengembangan fisik aset-aset BP Bata mini sebagai daya tarik wisata, Roadmap ini dilengkapi dengan Kerangka Waktu Pengembangan Daya Tarik Wisata, yang memperkirakan durasi pembangunan fisik aset-aset BP Batam yang dikembangkan menjadi daya tarik wisata. Roadmap ini juga dilengkapi dengan Tahapan Implementasi Pengembangan Daya Tarik Wisata pada aset-aset BP Batam secara keseluruhan dan tahunan, untuk memudahkan dalam pembangunan fisik aset-aset BP Batam yang dikembangkan menjadi daya tarik wisata. Roadmap ini juga dilengkapi dengan Struktur Pembiayaan Pengembangan Daya Tarik Wisata untuk memberikan gambaran mengenai anggaran yang diperlukan dalam mengembangkan daya tarik wisata pada aset-aset BP Batam.

Hal ini diharapkan dapat memperkaya daya tarik wisata di Batam, baik yang sudah ada maupun yang baru akan dibangun dari aset-aset yang dimiliki oleh BP Batam. Diharapkan pula bahwa pengembangan daya tarik wisata ini dapat mendukung pembangunan kepariwisataan di Batam, di mana pembangunan tersebut dilihat dengan indikasi program pembangunan destinasi, pemasaran, industri, dan kelembagaan pariwisata, agar tercipata Batam sebagai destinasi wisata unggulan. Maka dari itu, diperlukan keseriusan dalam mengimplementasikan perencanaan detail terkait masing-masing spesifikasi usulan pada setiap aset yang ada, agar menjadi daya tarik wisata yang dapat selalu memikat minat wisatawan nusantara dan mancanegara dan dapat selalu mendukung pariwisata Batam.

Baca Juga : Updating Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta

Enam kluster yang telah dibagi dalam perwilayahan pembangunan destinasi dapat digunakan untuk memudahkan pembangunan sekaligus mengoptimalisasikan pergerakan wisatawan yang akan berkunjung ke berbagai daya tarik wisata yang merupakan aset-aset BP Batam. Pasar wisatawan nusantara dan lokal dapat diperkuat untuk melakukan perjalanan wisata ke Batam selama masa pandemi Covid-19 sembari menyusun berbagai strategi pemasaran untuk menarik wisatawan mancanegara, menyusun informasi wisata, dan melaksanakan promosi pariwisata hingga kondisi menjadi kondusif kembali.

Tidak luput pula untuk menjalin dan menjaga kerja sama dengan berbagai mitra yang profesional di bidangnya, seperti para pelaku usaha, organisasi, instansi pendidikan, masyarakat, dan sebagainya; agar dapat memaksimalisasikan pemanfaatan aset-aset BP Batam sebagai daya tarik wisata yang memukau bagi wisatawan. Pengembangan SDM pariwisata juga penting untuk memberikan pelayanan yang prima bagi wisatawan.

Kami ucapkan terimakasih kepada BP Batam, atas kepercayaan dan kerjasamanya terhadap kami, PT. Kirana Adhirajasa Indonesia sebagai konsultan pariwisata, sehingga telah tersusun dokumen laporan Pengembangan Destinasi Wisata Untuk Pengoptimalisasian Aset BP Batam.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kajian atau konsultasi Pariwisata dapat menghubungi Admin kami di 081215017910

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.