Pengkol Nglipar Desa Wisata di Gunungkidul

Pengkol Nglipar Desa Wisata di Gunungkidul – Desa Pengkol adalah desa yang berada di sebelah utara Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Desa yang berjarak 34,9 kilometer ke arah timur Kota Yogyakarta ini memiliki luas sekitar 883,8 hektar. Terletak di perbukitan karst Gunungkidul, Yogyakarta, Desa Wisata Pengkol Nglipar menawarkan pengalaman wisata yang berbeda. Jauh dari hiruk pikuk kota, desa ini menghadirkan suasana pedesaan yang asri dan tenang, dihiasi panorama alam yang memesona.

Desa Pengkol memiliki potensi sumber daya alam yang beragam, salah satunya potensi alam berupa Gunung Genter. Gunung ini merupakan spot terbaik di Desa Pengkol untuk menikmati pemandangan alam Desa Pengkol Nglipar. Gunung Genter merupakan salah satu dari tiga titik gunung api purba di Desa Desa Pengkol. Gunung Genter terdiri dari dua batu besar yang di tengahnya terdapat mulut goa dengan ketinggian mulut 10 meter. Dari atas bukit ini, pengunjung dapat melihat hamparan sawah hijau yang luas, bukit-bukit karst yang menawan.  Di atas bukit pengunjung bisa menikmati makanan tradisional seperti jagung, singkong, dan kelapa muda.

Selain Gunung Genter, Desa Pengkol juga memiliki potensi alam wisata Gunung Keruk. Gunung ini berada pada ketinggian 523 meter di atas permukaan laut. Gunung Keruk merupakan daya tarik wisata yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. 

Desa Pengkol memiliki Wisata Jelajah Pesona Desa Pengkol yang menawarkan wisatawan untuk berkeliling desa menggunakan mobil off-road yang siap menghadari medan sulit dan memacu adrenalin. Wisatawan akan diajak untuk menjelajahi setiap sudut keindahan desa hingga tiba di puncak bukit Gunung Genter. Wisata Jelajah Pesona Desa Pengkol ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pengkol Nglipar. 

Baca juga Analisis Potensi dan Rencana Arahan Pengembangan Kepariwisataan Giri Purwo

Selain itu, potensi Desa Wisata Pengkol Nglipar lainnya yaitu adanya peternakan lebah, UMKM, serta hiburan seni tari yang menarik dan memberikan pengalaman unik kepada wisatawan. Desa Wisata Pengkol Nglipar juga memiliki kuliner tradisional yang mayoritas berasal dari jagung, seperti emping dan marning jagung. Hasil panen jagung Desa Pengkol tergolong melimpah, sehingga masyarakat Desa Pengkol mengembangkannya menjadi makanan tradisional emping dan marning.  

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *