Analisis Potensi dan Rencana Arahan Pengembangan Kepariwisataan Giri Purwo

Analisis Potensi dan Rencana Arahan Pengembangan Kepariwisataan Giri Purwo –Kalurahan Giripurwo merupakan Kalurahan yang memiliki beberapa potensi daya tarik wisata, berdasarkan hasil pengumpulan data, setidaknya Kalurahan Giripurwo mempunyai sekitar 5 pantai dari 16 daya tarik wisata alam. Dengan memiliki pantai yang yang berada di pantai selatan berdekatan dengan jalur JJLS dan Kabupaten Bantul. Kalurahan Giripurwo memiliki potensi wisata yang besar untuk dikembangkan, namun belum dapat dioptimalkan secara maksimal. Pemerintah daerah sejauh ini hanya fokus mengelola sebagian kecil dari daya tarik wisata yang ada. Beberapa pariwisata dikelola oleh masyarakat sendiri.

Beberapa daya tarik wisata pantai yang terdapat di Kalurahan Giripurwo adalah sebagai berikut:

  1. Pantai Bekah
  2. Pantai Ngrumpon
  3. Pantai Katu
  4. Pantai Kayu Walang
  5. Pantai Kalang

Pariwisata merupakan sektor yang berpotensi untuk dikembangkan dan dapat meningkatkan potensi ekonomi Kalurahan Giripurwo. Mengingat potensi itu maka perlu adanya program yang dapat mengakselerasi pembangunan pariwisata Kalurahan Giripurwo, beberapa sub program yang akan dikuatkan dalam program ini yaitu:

  1. Optimalisasi Atraksi Wisata
  2. Peningkatan Fasilitas Wisata
  3. Peningkatan Usaha Promosi 
  4. Penguatan Masyarakat Lokal
  5. Peningkatan Aksesbilitas

Gambar 5. 6 Peta Arahan Pengembangan Kepariwisataan Wisata Pantai

Sumber: Analisis Tim, 2022

Analisis Potensi dan Rencana Arahan Pengembangan Kepariwisataan Giri Purwo – Dari gambar diatas dapat disimpulkan mengenai Rencana Aktivitas Pengembangan dimana Pantai Bekah merupakan wisata minat khusus memancing, atraksi dan aktivitas untuk menjaring lobster, sebagai wisata edukasi morfologi dan bentukan benteng alam karts, dan event nyadaran di Pantai Bekah. Untuk instansi terkait mengenai aktivitas pengembangan terdapat Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul, Pemerintah Desa, dan Pokdarwis Desa Wisata Giripurwo.

Rencana Aktivitas Pengembangan Pantai Ngrumpon, Pantai Kayu Walang, Pantai Katu, dan Pantai Kalas dimana sebagai daya tarik wisata bersantai dan berkemah di tepi pantai, bermain air dipantai, menikmati kuliner berupa hasil laut, berfoto dan menikmati keindahan pantai, bermain bola voli pantai, dan menikmati sunrise dan sunset. Untuk instansi terkait mengenai rencana aktivitas pengembangan terdapat Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul, Pemerintah Desa, Pokdarwis Desa Wisata Giripurwo, dan ASITA.

Baca juga : Pengertian Desa Budaya

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di(0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *