Potensi dan Tantangan Blue Economy di Indonesia

Potensi dan Tantangan Blue Economy di Indonesia – Blue economy atau ekonomi biru adalah konsep pembangunan ekonomi yang berfokus pada pemanfaatan sumber daya laut dan pesisir secara berkelanjutan. Konsep ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan laut.

Potensi Blue Economy di Indonesia

Potensi ekonomi kelautan Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa sektor, yaitu:

  • Sektor perikanan

Indonesia merupakan salah satu negara produsen ikan terbesar di dunia. Pada tahun 2022, produksi ikan Indonesia mencapai 7,4 juta ton. Potensi perikanan Indonesia meliputi perikanan tangkap, perikanan budidaya, dan perikanan darat. 

  • Sektor energi

Indonesia memiliki potensi energi kelautan yang besar, meliputi energi panas bumi, energi angin, energi surya, dan energi gelombang. Potensi energi panas bumi Indonesia mencapai 30 gigawatt, potensi energi angin mencapai 300 gigawatt, potensi energi surya mencapai 200 gigawatt, dan potensi energi gelombang mencapai 20 gigawatt. 

  • Sektor pariwisata

Indonesia memiliki potensi pariwisata bahari yang sangat besar. Indonesia memiliki ribuan pulau, pantai, dan terumbu karang yang indah. Potensi pariwisata bahari Indonesia meliputi wisata pantai, wisata bahari, wisata bahari, dan wisata bahari. 

  • Sektor transportasi

Indonesia memiliki potensi transportasi kelautan yang besar. Indonesia memiliki ribuan kilometer garis pantai dan lebih dari 17.000 pulau. Potensi transportasi kelautan Indonesia meliputi transportasi laut, transportasi udara, dan transportasi laut. 

Tantangan Blue Economy di Indonesia

Ekonomi biru juga memiliki tantangan yang harus dihadapi, antara lain:

  • Kerusakan lingkungan

Pemanfaatan sumber daya laut yang tidak berkelanjutan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, seperti pencemaran laut dan kerusakan ekosistem laut.

  • Persaingan

Indonesia harus bersaing dengan negara-negara lain dalam memanfaatkan sumber daya laut.

  • Ketersediaan teknologi

Pemanfaatan sumber daya laut yang berkelanjutan membutuhkan teknologi yang memadai.

Baca juga : Cita Rasa Kopi Khas Sumatera yang Unik dan Nikmat

Blue economy merupakan potensi besar yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan laut. Dengan penerapan blue economy yang tepat, Indonesia dapat menjadi negara maritim yang maju dan mandiri.Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di+62 812-3299-9470 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *