Potensi Desa Wisata Waleng Kabupaten Wonogiri

desa wisata

Potensi Desa Wisata Waleng Wonogiri – Waleng adalah desa di kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Secara geografis Desa Waleng Kecamatan Girimarto merupakan desa yang terletak dibagian timur Kabupaten Wonogiri. Berada pada ketinggian 650-700 meter dpl desa ini mempunyai luas wilayah 537,050 Ha yang dibagi menjadi 9 Dusun.

Desa Waleng, Kecamatan Girimarto, merupakan salah satu desa di Kabupaten wonogiri yang memiliki wisata embung. Desa Waleng, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri mensematkan wisata Embung Waleng sebagai wisata unggulan Desa Waleng yang berbasis nilai kearifan lokal masyarakat.

Embung dikelola dengan prinsip nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Desa Waleng dan dikembangkan pada faktor pendukung lainnya di sekitar Embung Waleng.

Potensi desa yang saat ini mulai ditangani serius oleh pihak pemerintah adalah persoalan pasar tradisional.

Desa Waleng memiliki pasar tradisional yang strategis terletak di dekat Kantor Pemerintah Desa Waleng, Kecamatan Girimarto, Wonogiri yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 3.533 orang.

Potensi alam yang ada meliputi Embung Desa, taman bunga, sendang, dan pasar tradisional, menjadi modal yang trategis dalam pengemasan paket wisata yang nantinya bisa dibuat. Embung Desa Waleng saat ini menjadi salah satu daya tarik ekonomi kreatif berbasis wisata di desa tersebut.

Baca juga : Menggerakkan Kemajuan Desa Wisata: 3 Faktor Pendukung yang Kritis

Potensi Desa Wisata Waleng Wonogiri – Desa Waleng memiliki beberapa UMKM yang salah satunya terkait pedagang yang dinaungi oleh desa di kawasan embung. Wisata Embung Waleng di Desa Waleng, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri akan terus berbenah diri dan semakin mengembangkan potensi-potensi lain untuk mendukung wisata Embung Waleng.

 

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *