Potensi Destinasi Pariwisata, Berikut Macam-Macamnya?

Potret Wisata Gunung

Menurut para ahli, potensi destinasi pariwisata merupakan sesuatu yang dimiliki oleh suatu wilayah untuk menjadi daya tarik wisata. Daya tarik wisata dapat bermacam-macam bentuknya seperti alam, manusia, serta hasil karya manusia itu sendiri.

Dari pengertian tersebut, dapat diartikan bahwa potensi destinasi pariwisata merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan daya tarik daerah tujuan wisata. Potensi destinasi pariwisata sangat berguna untuk mengembangkan industri pariwisata di daerah tersebut.

Berikut merupakan macam-macam potensi destinasi pariwisata:

  • Potensi Wisata Kebudayaan

Potensi wisata kebudayaan adalah semua hasil rasa, cipta, dan karsa manusia berupa adat istiadat, kesenian, kerajinan tangan, dan peninggalan sejarah berupa bangunan.

  • Potensi Wisata Buatan Manusia

Potensi wisata manusia juga sebagai daya tarik wisata berupa, pementasan atau pertunjukan seni budaya suatu daerah.

  • Potensi Wisata Alam

Potensi wisata alam berupa keadaan berbagai jenis flora dan fauna di suatu daerah dan bentang alam seperti hutan, pantai, pegunungan dan lain sebagainya.

baca juga: Meningkatkan Daya Saing Pariwisata Melalui Pelayanan Prima

Pariwisata Indonesia bukan hanya sekadar objek hiburan semata. Potensi yang sangat besar dimiliki oleh pariwisata di Indonesia, salah satunya adalah wisata olahraga atau dapat disebut juga sebagai sport tourism. Tentu saja ini menjadi kabar baik karena potensi pariwisata Indonesia mulai dilirik dunia, terlebih lagi untuk penyelenggaraan event sport tourism.

Banyaknya aset kekayaan yang ada di Indonesia membuat negara ini berpotensi menarik wisatawan datang untuk berkunjung. Mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara membanjiri pariwisata Indonesia setiap musim liburan. Sektor pariwisata sendiri menjadi bisa dikatakan sebagai penyumbang devisa negara terbesar.

Sektor pariwisata Indonesia tidak kalah jika dibandingkan dengan wisata yang ada di dunia. Terdapat banyak objek-objek wisata terkenal seperti Taman Nasional Way Kambas (Lampung), Nusa Penida (Bali), Raja Ampat (Papua Barat), Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara), dan masih banyak lagi. Pesona wisata di Indonesia dapat menarik wisatawan asing untuk datang setiap tahunnya. Tidak bisa dipungkiri, dengan keanekaragaman tempat wisata tersebut, Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang masuk kategori negara pariwisata.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.