Potensi Pariwisata di Indonesia, Masih Ada?

Pantai di Indonesia

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggaungkan potensi pariwisata di Indonesia. Berikut merupakan upaya-upaya yang akan dilakukan.

Salah satu upaya dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah mempromosikan berbagai destinasi wisata di Indonesia. Sebenarnya, di Indonesia destinasi wisata tidak hanya terkenal seperti Labuan Bajo dan Pulau Komodo saja. Terdapat destinasi lainnya yang juga mempesona seperti Candi Borobudur yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Letaknya, kurang lebih 30 kilometer di sebelah barat laut Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Candi Borobudur didirikan sekitar era 800-an Masehi oleh para penganut agama Buddha. Maka tidak heran, bila setiap hari raya waisak, kawasan Candi Borobudur senantiasa dikunjungi oleh para peziarah keagamaan untuk memperingati hari keagamaan tersebut. Kini, Candi Borobudur telah dinobatkan UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia.

baca juga: Pentingnya Pramuwisata dalam Industri Pariwisata

Kemudian, terdapat juga Danau Toba yang terletak Di Pulau Sumatera. Danau Toba merupakan suatu ikon pariwisata yang terus menaingkat  popularitasnya sebagai destinasi prioritas. Berwisata ke Danau Toba akan lebih istimewa bila pengunjung menikmati pengalaman berkayak di tengah danaunya dan merasakan keseruan berkemah di salah satu sisi danaunya. Terdapat kuliner khas unik Danau Toba yang mengguncang selera seperti naniura. Sajian berupa ikan yang dimasak tanpa api ini bisa dikatakan nikmat rasanya.

Selanjutnya, Danau Likupang yang merupakan destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Lokasi Danau Likupang tidak terlalu jauh dari ibu kota Sulawesi Utara, Manado. Danau Likupang merupakan destinasi wisata yang sangat potensial. Di sana, pengunjung dapat menikmati sejumlah kawasan pantai eksotis dan memesona.

Terakhir, Mandalika yang merupakan surga tersembunyi yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain mempunyai pesona alam yang luar biasa indah dan mengagumkan, destinasi utama Mandalika ini juga sedang dipersiapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata olahraga (sports tourism). Sejumlah agenda olahraga kelas dunia pun sudah berlangsung, seperti Moto GP.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.