Strategi Pembangunan Infrastruktur Pariwisata Kota Manado

 

Kota Manado di tepi Samudera Pasifik telah menggali peran sebagai tujuan pariwisata di Indonesia Timur. Dengan mengakui potensi alam dan warisan budayanya, Pemerintah Kota Manado bertekad untuk mengembangkan infrastruktur pariwisata demi menarik wisatawan global. Strategi pembangunan infrastruktur tersebut sebagai landasan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan peningkatan kualitas hidup warganya.

 

1. Peningkatan Aksesibilitas

Salah satu langkah kunci dalam strategi ini adalah meningkatkan aksesibilitas ke Kota Manado. Melalui pengembangan bandara internasionalnya dan peningkatan konektivitas udara dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia, Kota Manado memastikan bahwa para wisatawan dapat dengan mudah mencapai destinasi mereka. Selain itu, peningkatan aksesibilitas melalui perbaikan infrastruktur jalan dan transportasi umum lokal memungkinkan wisatawan untuk menjelajahi keindahan alam dan warisan budaya Kota Manado dengan lebih nyaman dan efisien.

 

2. Pengembangan Destinasi Wisata Berkelanjutan

Pemerintah Kota Manado memperhatikan pentingnya menjaga kelestarian alam dan budaya dalam pengembangan pariwisata. Oleh karena itu, strategi ini juga mencakup pengembangan destinasi wisata berkelanjutan yang menghormati lingkungan dan melibatkan komunitas lokal. Dengan membangun fasilitas ramah lingkungan seperti eco-resorts dan menawarkan paket wisata bertanggung jawab, Kota Manado berusaha untuk memastikan bahwa pariwisata memberikan manfaat positif bagi lingkungan serta masyarakat lokal.

Baca juga: Pemasaran Efektif Destinasi Pariwisata: Banda Neira

3. Pemberdayaan Komunitas Lokal

Strategi pembangunan infrastruktur pariwisata Kota Manado melibatkan pembangunan tidak hanya fisik, tetapi juga hubungan erat dengan komunitas lokal. Melalui program pelatihan dan pendidikan, warga setempat diberdayakan untuk terlibat dalam industri pariwisata, baik sebagai pengusaha wisata maupun sebagai pemandu wisata yang ahli. Dengan cara ini, pariwisata tidak hanya menjadi sumber pendapatan ekonomi tambahan bagi masyarakat lokal, tetapi juga menjadi alat untuk mempromosikan warisan budaya dan kearifan lokal.

Untuk informasi lainnya hubungi admin kami di:

Whatsapp: (0812-3299-9470)

Instagram: @jttc_jogja

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.