Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia, Sangat Beragam

Sumber Daya Alam di Indonesia

Potensi sumber daya alam di Indonesia sangat melimpah. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jenis-jenis sumber daya alam yang dimiliki.

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan dengan berbagai suku, bahasa, ras, budaya, agama, dan  berbagai  macam   keindahan  alam serta sumber daya alam yang dapat dijumpai. Keberagaman yang ada di Indonesia menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan budaya.

Keberagaman yang ada tersebut, Indonesia bisa menjadi salah satu negara dengan tujuan pariwisata terbanyak setiap  tahunnya. Sektor pariwisata merupakan sektor yang menjanjikan dalam mendatangkan devisa dan menciptakan lapangan kerja.

baca juga: Destinasi Wisata Tugu Pahlawan, Sangat Gokil dan Unik

Pariwisata adalah segala aktivitas wisata yang didukung dengan sarana prasarana untuk kepentingan  hiburan  atau  kepentingan  pribadi  lainnya. Pariwisata  juga berarti rangkaian kegiatan wisata yang didukung fasilitas dan layanan dari pemerintah, masyarakat, dan swasta.

Diketahui, kegiatan pariwisata sangat berhubungan dengan potensi sumber daya alam yang dimiliki. Kegiatan pariwisata yang memanfaatkan keberadaan sumber daya alam secara alami maupun dengan budi daya disebut wisata alam. Keunikan dan keragaman kondisi alam menjadi daya tarik utama dalam industri pariwisata.

Beberapa industri pariwisata sangat berhubungan dengan alam. Beberapa contoh industri pariwisata yang berhubungan dengan alam adalah wisata bahari, ekowisata, dan petualangan. Berikut merupakan sebaran potensi sumber daya alam di Indonesia yang berhubungan dengan pariwisata:

  1. Kota Tua Jakarta
  2. Kampung Naga Tasikmalaya
  3. Candi Borobudur Magelang
  4. Candi Prambanan Klaten
  5. Candi Singosari Malang
  6. Desa Wisata Adat Osing Banyuwangi
  7. Benteng Indra Patah Aceh
  8. Pura Agung Besaki Bali
  9. Tugu Pahlawan Surabaya
  10. Rumah Pengasingan Bung Karno NTT
  11. Museum Sang Nila Utama
  12. Museum Adityawarman
  13. Monas DKI Jakarta
  14. Gedung Sate Bandung
  15. Desa Sasak Sade Lombok
  16. Kampung Peneleh Surabaya
  17. Danau Sentani Jayapura
  18. Danau Toba Medan
  19. Benteng Somba Opu
  20. Benteng Fort Rotterdam Gowa
  21. Pasar Terapung
  22. Gunung Bromo, Lumajang
  23. Kampung Warna-Warni Malang
  24. Songgoriti Batu
  25. Keraton Kadriyah Kalimantan Barat

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.