Profil Desa Wisata Muncar Moncer Kabupaten Temanggung

Profil Desa Wisata Muncar Moncer Kabupaten Temanggung – Desa Muncar merupakan wisata   yang   menawarkan   keseluruhan suasana yang menonjolkan keaslian desa seperti pemandangan alam yang  indah, kuliner,  homstay  kesenian  dan  budaya yang beradadi desa. Desa Muncar dibina oleh Astra melalui Desa Sejahtera Astra (DSA). DSA berfokus kepada pembinaan di bidang wirausaha tingkat desa yang merupakan kontribusi sosial Astra. Disesuaikan dengan potensi masing-masing desa, warga desa juga diberikan pendamping untuk pelatihan hingga fasilitas modal dan pemasaran produk.

Desa Wisata Muncar-Moncer memiliki daya tarik baik wisata alam, budaya dan buatan. Yang menjadi ikon adalah pemukiman dengan hamparan terasering persawahan ala ubud yang dikelilingi perbukitan melingkar.

Desa yang dikelilingi Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau ini juga memiliki jembatan sawah dengan gazebo tanpa merubah alih fungsi lahan persawahan.

Yang menjadi ikon adalah pemukiman dengan hamparan terasering persawahan ala ubud yang dikelilingi perbukitan melingkar. Dan saat ini sudah dibuat jembatan sawah dengan beberapa gazebo tanpa merubah alih fungsi lahan persawahan. Selain itu terdapat Air Terjun Curug Lawe setinggi 250m dengan keunggulan hutan tropisnya. Kawasan hutan pinus dan Permukiman Sunrise Dusun Blawong yang sering disebut “Korea van java”. Sebuah pemukiman yang berada ditepi patahan lembah dengan jajaran bentangan pegunungan dan perbukitan, desa diatas kabut lembah. Dalam upaya menunjang kebutuhan activity kami membuat beberapa paket diantaranya Sunrise Picnic at lembah Blawong, LunchPicnic at Curug Lawe Waterfall,Sunset picnic at Jembatan Sawah.

Kelompok     sadar     wisata     Desa Muncar  menggunakan  iklan  media  luar ruangan   dan   media   elektronik   untuk mempromosikan Wisata di Desanya yang berisi  pesan  persuasif,  iklan  media  luar ruangan  yang  digunakan  berupa  baliho dan  stiker  bentuk  iklan  tersebut  dipilih karena  mempunyai  sifat  yang  flesksibel dalam penggunaanya mudah ditempatkan sesuai sasaran yang ditentukan kelompok sadar   wisata.   Selain   iklan   media   luar ruangan   Kelompok   sadar   wisata   juga menggunakan   iklan   media   eloktronik, media elektronik  dipilih  dengan  tujuan informasi  tentang  Wisata  Desa  Muncar dapat   tersebar   semakin   luas   sehingga semakin banyak yang mengetahui tentang Desa Wisata Muncar.

Baca juga : Tradisi Suroan Etnik Jawa

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 0812-3299-9470

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *