Situs Liayangan, Salah Satu Potensi Desa Wisata Purbosari Kabupaten Temanggung

Potensi Desa Wisata Purbosari Kabupaten Temanggung – Desa Purbosari Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temangung, merupakan salah satu desa yang terletak sekitar dua puluh kilometer dari pusat kota Temanggung kearah barat laut. Pemerintahan Desa Purbosari membawahi lima dusun, yaitu dusun Liyangan, dusun Garon, dusun Karanganyar, dusun Bonganti, dan dusun Susukan. Mayoritas penduduknya memiliki Di desa Purbosari, tepatnya di dusun Liyangan, pada tahun 2008 ditemukan situs candi yang sampai sekarang masih terus digali. Penemuan pertama berupa talud, yoni, arca, dan batu-batu candi. Penemuan selanjutnya sebuah bangunan candi yang tinggal bagian kaki dan di atasnya terdapat sebuah yoni yang unik, tidak seperti umumnya, karena yoni ini memiliki tiga lubang.

Desa Purbosari di lerang Gunung Sindoro, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, merupakan lokasi ditemukannya Situs Liyangan yang merupakan peninggalan zaman Mataram Kuno.

Situs Liyangan adalah sebuah situs berupa candi – candi kecil yang berada di area penambangan pasir di lereng Gunung Sindoro, tepatnya di Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah berjarak 20 Km dari Kota Temanggung dan berada pada ketinggian 1200 mdpl. Candi ini ditemukan pada tahun 2008 dengan talud, yoni, arca dan batu candi yang ditemukan pertama kali.

Situs Liyangan terdiri dari tiga bagian yaitu area hunian, peribadatan dan kawasan pertanian. Ditemukan jalan batu yang diduga sebagai penghubung antara pemukiman dan wilayah pertanian. Benda – benda seperti pipisan dan gandik yang merupakan alat penggerus obat – obatan masa lampau. Benda seperti guci, mangkok dan barang berbahan keramik dari Cina serta keris dan mata tombak juga ditemukan di Situs Liyangan ini.

Benda atau bangunan yang ditemukan dalam keadaan rusak diperkirakan karena adanya terjangan letusan dari Gunung Sindoro beberapa kali pada masa lalu. Hal ini memperkuat asumsi adanya perpindahan Mataram Kuno yang semula berada di Jawa Tengah berpindah ke Jawa Timur setelah adanya letusan gunung – gunung di Jawa Tengah seperti Gunung Merapi, Sindoro, Sumbing dan Dieng.

Baca juga : Profil Desa Wisata Muncar Moncer Kabupaten Temanggung

Potensi Desa Wisata Purbosari Kabupaten Temanggung – Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 0812-3299-9470

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *