Profil Desa Wisata Sumberbulu Kabupaten Karanganyar

Profil Desa Wisata Sumberbulu Kabupaten Karanganyar – Desa wisata sumberbulu adalah desa wisata yang dikelola oleh pokdarwis dan warga sekitarnya mulai bulan september 2018 dan menjadi Desa Dampingan Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta pada tahun 2019. Dengan adanya pendampingan membawa pengaruh yang luar biasa karena desa tersebut dari sistem pengelolaan yang hanya ala kadarnya menjadi desa wisata yang pokdarwisnya dan desa wisata tersebut memiliki legalitas berupa Sk bupati karanganyar.

Desa wisata Sumberbulu memiliki beberapa atraksi wisata. Terdapat atraksi alam berupa sumber mata air (sendang) yang masih terjaga keaslianya. Suasana sendang tersebut tidak dirubah dan dibiarkan seperti aslinya agar lebih terkesan alami dan menambah daya tarik bagi wisatawan. Terdapat enam sendang yaitu sendang bulu, sendang mbah lurah, sendang mbah karso, sendang kawak, sendang pancuran dan sendang gondang. Saat ini hanya sendang yang paling besar yaitu sendang bulu yang digunakan sebagai wisata alam. Terdapat pula goa yang memiliki kedalaman sekitar 100 meter. Sendang digunakan sebagai tempat berenang, sedangkan goa secara bertahap akan direnovasi untuk dibangun sebagai tempat untuk berfoto.

Disamping atraksi wisata alam, desa wisata sumberbulu juga menawarkan atraksi budaya berupa tari tradisional, lesung, reog, dan kirab budaya. Kesenian tersebut dijadikan sebagai upaya penyambutan bagi wisatawan yang datang. Atraksi penyambutan ini dikenal sebagai welcome dance. Saat ini desa wisata Sumberbulu mengadakan welcome dance untuk setiap wisatawan dengan rombongan minimal 30 orang. Pagelaran kirab budaya merupakan agenda tahunan yang melibatkan seluruh masyarakat Dusun Sumberbulu.

Aktivitas wisata edukasi yang dapat dilakukan di desa wisata sumberbulu antara lain biogas, pertanian organik, atraksi memandikan sapi dan atraksi mengambil getah karet. Selain wisata edukasi desa wisata sumberbulu juga menawarkan jenis atraksi wisata berupa fun games yaitu outboun, tracking, dan cooking class.

Baca juga : SEJARAH PARIWISATA INDONESIA

Salah satu fasilitas yang terdapat di desa wisata sumberbulu adalah terdapat 65 homestay yang berlokasi di rumah warga. Setiap rumah biasanya terdapat 1-2 kamar tidur yang disediakan. Homestay ini dipilih dengan maksud agar wisatawan yang datang ikut merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Adanya homestay dapat memberikan manfaat dengan menghasilkan pendapatan melalui cara menyewakan ruah warga yang didesain senyaman mungkin dan dapat membuka kesempatan kerja baru bagi warga.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan kami, anda dapat menghubungi admin (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *