Public Relation di Era Digital

Public Relation di Era Digital – Public Relation (PR) atau hubungan masyarakat merupakan aktivitas dengan kemampuan dan pengetahuan untuk dapat melakukan proses komunikasi dalam membangun hubungan positif antara perusahaan dengan publik yang terkait dengan perusahaan tersebut. PR menjadi pondasi utama dalam membangun citra positif dan memelihara hubungan antara perusahaan dengan klien ataupun mitra. 

Di era serba digital saat ini, public relation (PR) tentu mengalami transformasi yang pesat. Sejalan dengan pergeseran cara berkomunikasi, hal ini tentu membawa tantangan sekaligus peluang bagi para profesional PR dalam menjaga citra merek, berinteraksi dengan audiens, dan menjelajahi media informasi online. Pengaruh teknologi komunikasi terhadap PR bisa berbentuk hanya sebagai media PR atau menjadikan sebuah kegiatan PR yang memiliki perspektif baru hingga memunculkan istilah cyber PR. 

Salah satu perubahan yang sangat signifikan dalam ranah PR adalah kemunculan media sosial, seperti platfrom facebook, twitter, instagram, dan LinkedIn. Profesional PR sekarang harus mahir dalam merancang pesan dan membranding perusahaan dengan baik kepada para audiens di berbagai media sosial. Kehadiran internet membuat banyak orang bisa mengakses apapun dan membuat seolah dunia tanpa batas. Hal ini memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Kemudahan ini juga berdampak pada aktivitas seorang public relation. 

Penelitian dari Amerika Sekirat, terdapat dua peran penting yang dijalankan seorang praktisi PR dalam sebuah perusahaan, yaitu peran manajer dan peran teknisi (Satira & Hidriani, 2021). Dalam peran manajer, seorang PR terlibat dalam proses pengambilan keputusan tingkat korporat Manajer sementara dalam peran teknisi, seorang PR tidak terlibat dalam pengambilan keputusan manajemen organisasi. 

Saat ini istilah PR sering disebut sebagai digital public relations (E-PR) atau disebut juga sebagai cyber public relations. Hampir semua perusahaan dalam tingkat nasional maupun multinasional yang mulai menerapkan digital public relations dalam bentuk website dan media sosial. PR berperan penting dalam memberikan informasi yang sehat dan positif kepada masyarakat ditengah perkembangan teknologi saat ini yang banyak menyebarkan berita hoax atau fake news. 

Baca juga : Peningkatan Daya Tarik Wisata Menjelang Pergantian Tahun

Konsistensi merupakan faktor utama dalam pelaksanaan media relations. PR perlu secara teratur menyediakan informasi kepada media dan secara berkala mengadakan pertemuan untuk berbagi secara santai. Tindakan ini krusial karena media memiliki kebutuhan konstan akan informasi setiap hari.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan kami, anda dapat menghubungi Admin kami di nomor (0812-3299-9470)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *