Rekomendasi Wisata Kuliner di Madura

Rekomendasi Wisata Kuliner di Madura – Madura, sebuah pulau yang secara administratif masuk ke dalam Provinsi Jawa Timur. Madura memiliki kekayaan kuliner dan terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan gurih. Jika berkunjung ke Madura, berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner di Madura yang wajib untuk dicoba. 

Bebek Sinjay

Bebek Sinjay merupakan salah satu kuliner khas Madura yang paling populer. Bebek ini dimasak dengan cara diungkep dengan bumbu khas Madura yang pedas dan gurih. Bebek Sinjay dapat Anda temukan di berbagai kota di Madura, salah satunya di Bangkalan.

Soto Madura

Soto Madura merupakan salah satu kuliner khas Madura yang paling mudah ditemukan. Soto ini terbuat dari kaldu sapi yang gurih dan disajikan dengan berbagai macam isian, seperti daging sapi, telur rebus, kentang goreng, dan tauge. Soto Madura memiliki beberapa variasi tergantung asalnya, seperti Soto Bangkalan berasal dari Kabupaten Bangkalan, Soto Sumenep dan Soto Sabreng berasal dari Kabupaten Sumenep, Soto Pamekasan dari Kabupaten Pamekasan, Soto Selingkuh, dan Soto campur.  Variasi soto Madura ini terletak pada bahannya, seperti ada yang menggunakan petis, bumbu kacang, potongan singkong, hingga kentang yang digoreng kering. 

Sate Lalat

Sate Lalat atau bisa disebut juga dengan Sate Laler merupakan salah satu kuliner khas Madura yang unik. Bukan seperti namanya, sate ini terbuat dari daging sapi yang dicincang halus dan dibentuk seperti lalat. Sate Lalat memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Sate Lalat dapat Anda temukan di berbagai warung makan di Madura.

Nasi Setan 

Nasi Setan terbuat dari nasi yang dicampur dengan berbagai macam lauk, seperti daging ayam, telur, tahu, tempe, dan sambal. Nasi setan memiliki cita rasa yang pedas dan gurih. Nasi setan biasanya disajikan di warung-warung makan sederhana di Madura. Warung-warung makan tersebut biasanya buka pada malam hari, sehingga nasi setan sering disebut sebagai kuliner malam.

Baca juga : Pernikahan Adat Karo Yang Megah

Tajin Sobih

Tajin Sobih merupaka kuliner khas Kabupaten Bangkalan, berupa makanan tradisional dengan cita rasa manis. Tajin Sobih berarti bubur Sobih, meskipun penampilannya tidak begitu mirip dengan bubur pada umumnya. Tajin Sobih sekilas mirip Bubur Sum Sum, dengan isian terbuat dari tepung ketan dan tepung terigu dengan warna dan bentuk yang bermacam-macam. 

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *