Rekomendasi Wisata Museum di Jakarta

Rekomendasi Wisata Museum di Jakarta – Jakarta merupakan ibu kota Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata menarik, salah satunya adalah museum. Di Jakarta, terdapat berbagai macam museum yang menyimpan berbagai koleksi, mulai dari benda-benda bersejarah, seni, hingga teknologi. Berikut rekomendasi wisata museum yang bisa jadi pilihan wisata di hari libur. 

Museum Nasional

Museum Nasional atau yang juga dikenal dengan Museum Gajah merupakan museum terbesar di Indonesia. Nasional didirikan pada tahun 1778 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Gustaaf Willem van Imhoff. Museum ini awalnya bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BGKW). Pada tahun 1862, BGKW dibubarkan dan museum ini diserahkan kepada pemerintah Hindia Belanda. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah, mulai dari benda-benda prasejarah, hingga benda-benda peninggalan zaman penjajahan. Museum

Museum Basoeki Abdullah

Museum Basoeki Abdullah terletak di Jakarta Selatan. Museum ini menyimpan berbagai koleksi karya seni lukis dari Basoeki Abdullah, salah satu pelukis Indonesia yang terkenal. Museum Basoeki Abdullah didirikan pada tahun 2001 dan menempati rumah pribadi Basoeki Abdullah. Rumah ini dibangun pada tahun 1912 dan merupakan salah satu bangunan bersejarah di Jakarta. Koleksi Museum Basoeki Abdullah terdiri dari berbagai macam, mulai dari lukisan potret, lukisan pemandangan, hingga lukisan bertema religi.

Museum MACAN

Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) merupakan museum seni modern dan kontemporer Indonesia yang terletak di Jakarta Barat. Museum ini didirikan pada tahun 2017 oleh kolektor seni Haryanto Adikoesoemo. Museum MACAN memiliki koleksi karya seni yang luas, mulai dari seni lukis, seni patung, hingga seni instalasi. Koleksi museum ini mencakup karya seni dari seniman Indonesia dan mancanegara.

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah merupakan museum sejarah yang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah, mulai dari peralatan perang, hingga prasasti. Koleksi museum ini terdiri dari koleksi arkeolog, koleksi etnografi, koleksi numismatik, dan koleksi seni rupa. Museum ini dikenal memiliki penjara bawah tanah yang angker. 

Museum Bank Indonesia

Museum yang berlokasi di Jakarta Pusat ini menyimpan berbagai koleksi yang berkaitan dengan sejarah, budaya, dan ekonomi Indonesia. Museum Bank Indonesia didirikan pada tahun 1953 dan menempati gedung bekas De Javasche Bank, yang merupakan bank sentral Hindia Belanda. Gedung ini dibangun pada tahun 1828 dan merupakan salah satu bangunan bersejarah di Jakarta. Koleksi museum ini terdiri dari benda-benda bersejarah, uang kuno, hingga karya seni. 

Baca juga : Erupsi Sebagai Hajatan Merapi

Berwisata ke museum merupakan salah satu cara untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang sejarah, budaya, dan seni. Dengan mengunjungi museum, kita bisa belajar lebih banyak tentang Indonesia dan dunia.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *