Rencana Induk Pariwisata Terpadu, Berikut Fungsinya?

Kajian Pariwisata

Rencana Induk Pariwisata Terpadu (ITMP) berfungsi untuk mendukung dan mengembangkan industri pariwisata lokal di Indonesia.

Sektor pariwisata sebagai salah satu pilar pembangunan baik di tingkat nasional maupun tingkat daerah menunjukkan posisi dan peran yang semakin penting dalam memberikan kontribusi terhadap penerimaan
devisa, pengembangan wilayah, pendapatan asli daerah, maupun dalam penyerapan investasi dan tenaga kerja.

Dinamika dan tantangan dalam konteks regional dan global, menuntut suatu perencanaan dan pengembangan sektor pariwisata yang memiliki jangkauan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang mencakup keseluruhan komponen pembangunan kepariwisataan agar mampu meningkatkan daya saing antar kompetitor serta memiliki tingkat keberlanjutan yang tinggi.

Pembangunan kepariwisataan sebagai mesin baru penggerak perekonomian wilayah di Indonesia. Sehingga sudah
seharusnya kepariwisataan menjadi prioritas lebih dalam pembangunan wilayah. Hal ini menjadi sangat prospekif, karena potensi wilayah akan menjadi modal dasar bagi berbagai jenis pariwisata yang akan dikembangkan di suatu wilayah. Selain itu efek pengganda yang akan muncul akibat perkembangan kepariwisataan adalah tumbuhnya sektor-sektor lainnya sebagai pendukung pariwisata seperti sektor jasa, perdagangan, transportasi yang pada akhirnya bisa menambah pemasukan ekonomi untuk negara Indonesia.

baca juga: Nilai Tambah Ekonomi Kreatif, Apa Manfaatnya?

Rencana Induk Pariwisata Terpadu (ITMP) berfungsi sebagai prasarana untuk mencapai hal tersebut. Rencana Induk Pariwisata Terpadu (ITMP) akan mendukung dan mengembangkan industri pariwisata lokal di Indonesia. Industri pariwisata memiliki potensi untuk berkembang di masa yang akan datang. Karena industri pariwisata tidak hanya berguna untuk rekreasi saja tetapi bisa digunakan juga untuk sarana bisnis,

Pertumbuhan daya saing pariwisata di Indonesia melalui destinas-destinasi yang dimiliki memiliki kontribusi untuk
meningkatan kunjungan wisatawan baik asing maupun domestik. Tidak lupa, pendapatan devisa dari sektor pariwisata, lapangan pekerjaan yang semakin terbuka lebar, dan peningkatan indeks daya saing pariwisata juga merupakan hasil perkembangan industri pariwisata. Berikut merupakan daftar-daftar fungsi Rencana Induk Pariwisata Terpadu (ITMP):

  • Memfasilitasi pengembangan pariwisata terintegrasi dan berkelanjutan.
  • Meningkatkan kapasitas kelembagaan untuk pariwisata.
  • Meningkatkan partisipasi masyarakat dan dunia usaha lokal di sektor pariwisata.
  • Meningkatkan kualitas jalan dan akses pelayanan dasar yang terkait dengan pariwisata.
  • Meningkatkan iklim usaha yang kondusif untuk investasi swasta ke sektor pariwisata.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *