Sampah dan Pariwisata

Sampah dan Pariwisata – Pariwisata merupakan sektor yang mempunyai alternatif dengan keunggulan untuk mendorong perekonomuan masyarakat di Indonesia. Industri ini telah mengantarkan peluang dan industri pariwisata dalam fakta kehidupan masyarakat yang lebih baik. Dalam sepuluh tahun terakhir, perjalanan industri pariwisata telah mengalami pertumbuhan yang signifikan, menjadi salah satu sektor ekonomi dengan pertumbuhan dan perkembangan tercepat di seluruh dunia. ekspansi hotel, restoran, tempat wisata, dan pusat perbelanjaan juga memiliki dampak dalam meningkatkan peluang kerja. Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) menyatakan bahwa pariwisata menyumbang setidaknya 10,4% dari Produk Domestik Bruto (PDB) global pada Tahun 2019 dan menyumbang satu dari setiap sepuluh pekerjaan. Selain itu, ekspor dari produk pertanian, minyak, dan mobil sama sekali tidak menghasilkan lebih banyak uang di banyak negara. Saat ini, perdagangan internasional sangat bergantung pada pariwisata, yang merupakan sumber ekonomi penting bagi banyak negara, terutama negara-negara berkembang. 

Selain banyak manfaat yang ditawarkan oleh industri perjalanan dan pariwisata, Selain itu, sektor pariwisata ini juga memiliki  kontribusi pada polusi udara, penggunaan air bersih yang tinggi, limbah cair, dan limbah padat. Banyak ditemukan ketidakpatuhan destinasi wisata yang berbeda terhadap pedoman dari manajemen pengelolaan sampah yang semakin mengkhawatirkan. Studi mengenai manajemen sampah  juga telah menunjukkan bahwa ada kemungkinan hubungan antara jumlah sampah yang dihasilkan di tempat wisata dan jumlah pengunjung. Penelitian ysng dilakukan oleh  WWF pada Tahun 2019 juga menunjukkan bahwa sampah plastik di Laut Tengah meningkat sebesar 30% selama bulan-bulan musim panas karena peningkatan pariwisata. Tentunya permasalahan dari sampah ini menimbulkan dampak yang sangat luar biasa bagi kehidupan dan manajemen pariwisata.

Baca juga : Tren Pariwisata Hijau Solusi Isu Lingkungan dan Keberlanjutan

Mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *