Situ Cipanten Destinasi Wisata Majalengka

Situ Cipanten Destinasi Wisata Majalengka – Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, adalah Situ Cipanten. Wisata air yang berbentuk seperti danau ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan dan banyak pilihan untuk wisatawan. Wisatawan dapat secara lasngsung dapat menikmati keindahan danau sambil bersantai dan menikmati makanan yang berada disekitar Situ Cipanten. Lokasi dari Situ Cipanten ini tepatnya di Desa Sukasari, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Situ Cipanten ini memiliki lahan seluas 1,2 hektar serta dikelilingi oleh perbukitan hijau yang indah. Keindahannya menjadikannya salah satu tempat wisata favorit di Majalengka.

Secara historinya danau ini dicatat sebagai Situ Cipanten yang dulunya adalah danau alami yang terbentuk dari air hujan yang mengalir dari perbukitan di sekitarnya. Orang-orang di sekitar danau ini bergantung pada danau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka seperti mandi, mencuci, dan memasak. Wisatawan atau para pengunjung yang hendak memanfaatkan banyak fasilitas di Situ Cipanten dilakukan untuk mendukung kegiatan wisata. Salah satunya adalah area piknik di sekitar danau, di mana setiap orang dapat menikmati pemandangan danau sambil memberi makan ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Para pengunjung dapat berenang di dua lokasi yang berbeda, masing-masing dengan kedalaman yang berbeda.

Situ Cipanten memiliki banyak pilihan penginapan yang dihususkan untuk wisawatan yang ingin menginap untuk berwisata di Situ Cipanten. Situ Cipanten sendiri memiliki jarak sekitar 16,4 kilometer dari Majalengka dan memakan waktu kurang lebih 33 menit untuk sampai di sana. Terdapat sekitar tuujuh mata air di Situ Cipanten yang konon tidak akan pernah kering meskipun musim kemarau. Situ Cipanten juga selalu penuh dengan pengunjung setiap weekeed (Sabtu dan Minggu) serta dalam hari libur nasional.

Baca juga : Kajian Prospek Pendapatan Museum Batik Kota Surakarta

Untuk harga tiket masuk ke Situ Cipanten dibanderol sangatlah murah, seharga Rp 10.000. Situ Cipanten juga menawarkan berbagai permainan untuk melengkapi liburan para pengunjung, seperti kapal dayung dan ayunan seharga Rp 10.000, bebek goes seharga Rp 20.000, sepeda gantung seharga Rp 25.000, dan pelampung seharga Rp 10.000. Tentunya dari harga ekonomisnya ini akan membawa dampak para calon pengunjung untuk akan selalu datang dan berwisata di Situ Cipanten.

Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *