Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Sustainable Marketing

Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Sustainable Marketing – Sustainable marketing dalam dunia pariwisata berkelanjutan adalah pemasaran yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan dan dapat memenuhi kebutuhan wisatawan, serta pada saat yang sama mendidik dan meningkatkan kemampuan generasi mendatang di bidang pengelolaan pariwisata. Intinya, pada konsep sustainable marketing adalah membatasi penggunaan sumber daya alam yang dimiliki oleh objek pariwisata sembari dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.  Terdapat alasan mengapa sustainable marketing penting untuk diterapkan:

  • Pergeseran kecenderungan wisatawan yang memperhatikan aspek sustainability.

              Dalam banyak studi, disebutkan bahwa sustainability menjadi faktor penting dalam penentuan opsi berwisata. Wisatawan sekarang memiliki kecenderungan untuk merespon secara positif mengenai hal-hal di sekitar objek pariwisata. Dengan demikian, perhatian terhadap aspek keberlanjutan sangat berguna untuk pengelolaan dan pengembangan pariwisata. Sustainable marketing membuat sustainable value di objek wisata dapat tersampaikan dengan baik ke wisatawan.

  • Bagian dari kampanye

              World Business Council for Sustainable Development menyebutkan dunia akan menghadapi beberapa rintangan kedepan, seperti konsumsi sumber daya alam yang diperkirakan akan meningkat menjadi 170% pada tahun 2040, populasi global yang mencapai 9 miliar pada tahun 2050, dan peningkatan 3 kali lipat masyarakat ekonomi kelas menengah di tahun 2030.

             Rintangan-rintangan tersebut merefleksikan adanya potensi degradasi lingkungan karena faktor tekanan terhadap lingkungan serta adanya eksploitasi sumber daya alam yang berlebih. Memang, bisnis pariwisata tak jauh dari dampak-dampak negatif yang dihasilkan, seperti karbon emisi, limbah wisatawan, hingga perilaku destruktif wisatawan yang menciderai lingkungan. Dampak negatif pariwisata secara signifikan banyak dipengaruhi oleh perilaku wisatawan. Maka dari itu, pemangku kepentingan pariwisata bukan hanya berkewajiban mengimplementasikan pariwisata berkelanjutan dalam menjalankan bisnisnya, melainkan juga harus mempengaruhi mindset wisatawan untuk berwisata secara bijak.

             Sustainable Marketing dapat berperan serta dalam mengatasi problematika tersebut karena kemampuannya yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Konsep integrasi antara marketing objek wisata dengan kampanye isu sustainability bukan hanya berpotensi menimbulkan keinginan berkunjung wisatawan, melainkan juga dapat mengedukasi wisatawan terkait isu sustainability.

Baca : Penerapan Konsep “Triple Helix” pada Masterplan Pariwisata

Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata Berkelanjutan – Kami selaku konsultasi pariwisata mengucapkan terimakasih kepda instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi para pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *