Tantangan-Tantangan Sustainable Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata

Tantangan-Tantangan Sustainable Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata Berkelanjutan – Bisnis pariwisata merupakan usaha yang menghasilkan barang atau jasa yang digunakan wisatawan untuk pemenuhan kebutuhannya selama melakukan perjalanan wisata. Tentu, dalam pemasaran bisnis pariwisata memerlukan strategi pemasaran yang baik dan berorientasi pada konsep pembangunan pariwisata yang berkelanjutan (sustainability). Sustainable marketing memegang peranan penting dalam hal ini. Maka dari itu, kreativitas perlu dilakukan mengingat sektor pariwisata memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan perekonomian daerah dan pendapatan devisa negara.

            Namun, implementasi sustainable marketing juga menghadapi beberapa tantangan. Tantangan-tantangan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pembiayaan yang cukup besar

             Investasi terhadap sustainability terkadang menghabiskan biaya yang tidak murah mulai dari perencanaan hingga operasionalisasi sehingga perlu adanya pengorbanan biaya. 

  • Rusaknya reputasi

              Sustainability bukan hanya sekadar kampanye, melainkan juga memerlukan kesesuaian antara apa yang dikampanyekan dan praktiknya. Apabila kampanye sustainability-nya tidak sesuai dengan praktik di lapangan, maka dapat membentuk citra negatif di mata para wisatawan yang berkunjung.

  • Kurangnya apresiasi atau pemahaman tentang manfaat keberlanjutan

             Pada masyarakat yang belum teredukasi secara maksimal mengenai perihal keberlanjutan, atensi terhadap konsep berkelanjutan pada pariwisata bisa sangat minim. Oleh karena itu, usaha-usaha pariwisata untuk mengkampanyekan sustainability secara kontinuitas kepada khalayak umum perlu ditingkatkan agar terbentuk awareness terhadap isu tersebut.

Baca juga : Bleisure Tren Pariwisata yang Terus Tumbuh Pasca Pandemi

Tantangan-Tantangan Sustainable Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata – Kami selaku konsultasi pariwisata mengucapkan terimakasih kepda instansi tekait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi para pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungu admin kami di (0812-3299-9470).

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.