Way Kambas Taman Nasional Surga Gajah Sumatera

Way Kambas Taman Nasional Surga Gajah Sumatera – Way Kambas adalah sebuah taman nasional yang luas di Provinsi Lampung. Didirikan pada tahun 1982, taman nasional ini terkenal sebagai habitat gajah liar terbesar di Pulau Sumatera. Selain itu, Way Kambas juga merupakan rumah bagi berbagai macam flora dan fauna yang langka dan terancam punah.

Keanekaragaman Hayati Way Kambas:

  • Gajah Sumatra: Way Kambas diperkirakan memiliki populasi gajah liar terbesar di Sumatera, sekitar 250-500 ekor. Pengunjung dapat melihat gajah-gajah ini dengan mengikuti safari gajah yang ditawarkan oleh pengelola taman nasional. 
  • Badak Sumatera: Program konservasi yang dilakukan di taman nasional ini telah berhasil meningkatkan populasi badak Sumatera dalam beberapa tahun terakhir. 
  • Harimau Sumatera: Harimau Sumatera adalah salah satu predator puncak yang paling terancam punah di dunia. Meskipun jarang terlihat, ada kemungkinan kecil untuk melihat harimau Sumatera di Way Kambas. 
  • Orangutan Sumatra: Orangutan Sumatra adalah salah satu primata terbesar di dunia. Way Kambas memiliki program rehabilitasi orangutan yang sukses, orangutan yang telah diselamatkan dari perdagangan hewan liar dirawat dan diajari untuk hidup di alam liar lagi. 
  • Burung: Way Kambas adalah rumah bagi lebih dari 600 spesies burung, termasuk burung enggang, burung merak, dan burung elang.
  • Reptil: Way Kambas juga merupakan rumah bagi berbagai macam reptil, termasuk ular, biawak, dan buaya.

Baca juga : Mengapa Permainan Tradisional Masih Penting

Kegiatan Wisata di Way Kambas:

  • Safari gajah: Ini adalah cara yang paling populer untuk melihat gajah liar di Way Kambas. Pengunjung dapat duduk di atas gajah dan melihat gajah-gajah ini dalam habitat aslinya.
  • Trekking: Ada beberapa jalur trekking yang tersedia di Way Kambas, yang menawarkan kesempatan untuk melihat satwa liar dan menikmati keindahan alam.
  • Birdwatching: Ada banyak tempat di taman nasional ini di mana Anda dapat melihat burung-burung yang indah.
  • Mengunjungi pusat rehabilitasi orangutan: Pengunjung dapat mengunjungi pusat rehabilitasi orangutan di Way Kambas dan belajar tentang program konservasi orangutan yang dilakukan di taman nasional ini.

Way Kambas adalah salah satu taman nasional terindah dan paling penting di Indonesia. Jika Anda sedang mencari pengalaman wisata yang unik dan tak terlupakan, Way Kambas adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di+62 812-3299-9470

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *