Wisata Alam di Gentan Geopark Village

Wisata Alam di Gentan Geopark Village – Mencari destinasi wisata yang memadukan keindahan alam dan kekayaan budaya? Desa Wisata Gentan di Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, bisa menjadi pilihan tepat.Desa Wisata Gentan merupakan salah satu desa yang termasuk dalam Jaringan Geopark Nasional Gunung Sewu. Desa ini menawarkan berbagai daya tarik wisata alam dan budaya yang menarik bagi wisatawan.

Gentan Geopark Village berjarak sekitar 29 kilometer ke arah selatan atau sekitar 55 menit perjalanan dari Balai Kota Solo. Sementara dari Alun-Alun Wonogiri, berjarak 12 kilometer atau sekitar 20 menit perjalanan. Gentan Geopark Village berada dalam gugusan pegunungan seribu dan berjarak dekat dengan Kabupaten Wonogiri. 

Gunung Sewu adalah sebuah kawasan perbukitan karst yang dikenal dengan bentang alamnya yang unik dan khas, yaitu berupa deretan bukit, lembah, dan beberapa plateau. Gunung ini berada di Pulau Jawa yang terbentang di pesisir pantai selatan dan berdekatan dengan Samudra Hindia, dimulai dari perbukitan di Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan, Trenggalek, Tulung Agung, dan sebagian kecil di Kabupaten Sukoharjo. 

Batuan karst merupakan batuan sedimen yang tersusun atas kalsium karbonat (CaCO3), seperti batu gamping dan dolomit. Batuan ini terbentuk dari endapan sisa-sisa organisme laut, seperti karang dan foraminifera, yang terakumulasi selama jutaan tahun. Proses karstifikasi terjadi melalui proses peresapan air hujan ke dalam batuan karst yang kemudian melarutkan  kalsium karbonat, sehingga terbentuklah berbagai bentuk gua, dolina, uvala, polje, dan sungai bawah tanah.

Gentan Geopark Village memiliki keindahan alam yang memukau dengan gugusan batu raksasa yang tersebar di atas bukit, menghadirkan panorama alam yang unik dan instagrammable. Pengunjung dapat menikmati trekking dan menjelajahi area ini untuk menemukan spot foto terbaik. Di Geopark ini terdapat banyak daya tarik wisata, diantaranya Gunung Segendong dan Sepikul, Platar Ombo, Sendang Lele, Kedung Pecinan, dan Batu Seribu. Semua daya tarik wisata tersebut merupakan satu kesatuan perbukitan karst gunung sewu di Desa Gentan. 

Gunung Segendong dan Sepikul merupakan dua gunung yang berdampingan, dimana Gunung Segendong memiliki ketinggian 1200 mdpl dan Gunung Sepikul memiliki ketinggian 1100 mdpl. Platar Ombo adalah sebuah area datar yang luas di kaki Gunung Sepikul dengan ketinggian sekitar 450 mdpl dan dikelilingi oleh pepohonan rindang dan perbukitan hijau. Platar Ombo terbentuk dari proses vulkanologi purba sama seperti proses terbentuknya gunung api purba di Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta. Kemudian, Sendang Lele merupakan sebuah mata air alami atau sendang yang di dalamnya hidup puluhan ikan lele putih dan hitam dengan ukuran besar. Kedung Pecinan merupakan sebuah kedung atau bendungan kecil (DAM) yang terbentuk dari jalur sungai yang terjebak diantara perbukitan. Sementara Batu Seribu merupakan daya tarik wisata yang berada di perbukitan Gunung Gajah Mungkur dan merupakan pucak tertinggi dari gugusan bukit karst di kawasan ini. Batu besar tersebut diibaratkan seperti seekor gajah yang timbul.
Baca juga : Kota Humanis Kota Inklusif dan Manusiawi

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *