Berikut Landasan Pembentukan Naskah Akademik

Pembuatan Naskah Akademik

Naskah akademik merupakan naskah hasil penelitian terhadap suatu masalah tertentu yang digunakan sebagai syarat untuk membentuk suatu kebijakan. Setiap materi muatan di dalamnya harus memiliki kajian ilmiah yang terukur, berdasarkan metode tertentu, dan memenuhi kaidah-kaidah penelitian guna mendapat hasil penelitian yang relevan dengan fakta di lapangan.

Metode penelitian yang digunakan pada tidak terbatas pada metode yuridis normatif, tapi juga dapat menggunakan metode yuridis empiris atau dikenal juga dengan penelitian sosiolegal. Maka dari itu, naskah akademik sangat direkomendasikan disusun oleh orang yang memang ahli di bidangnya.

baca juga : Rencana Induk Pariwisata Nasional, Apa Isinya?

Naskah akademik harus fokus memberikan data dan fakta ilmiah atas realitas masalah. Dengan kata lain, naskah akademik harus mampu menjawab permasalahan yang terjadi di masyarakat. Selanjutnya, terdapat landasan pembentukannya, yakni:

  • Landasan yuridis memberikan urgensi hukum mengenai pembaruan atau perbaikan regulasi untuk memenuhi tuntutan dinamika kebutuhan hukum di masyarakat.
  • Landasan sosiologis menggambarkan fakta empiris suatu permasalahan yang sedang terjadi.
  • Landasan filosofis memuat mengenai kesadaran hidup berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945.

Untuk penyusunan naskah akademik sendiri dilakukan sesuai dengan sistematika yang terdiri atas:

Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I – Pendahuluan
Bab II – Kajian Teoretis dan Praktik Empiris
Bab III – Analisis dan Evaluasi Peraturan Perundang-Undangan Terkait
Bab IV – Landasan Filosofis, Sosiologis, dan Yuridis
Bab V – Jangkauan, Arah Pengaturan, aan Ruang Lingkup Materi Muatan Undang-Undang, Peraturan Daerah Provinsi, Atau Peraturan Daerah Kabupaten/Kota
Bab VI – Penutup
Daftar Pustaka
Lampiran: Rancangan Peraturan Perundang-Undangan

Untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan dan masyarakat diperlukan naskah akademik untuk mengatur tata tertib di bidang pembentukan Peraturan Perundang-undangan. Dengan demikian keberadaan sangat dibutuhkan guna mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Selain itu, konsistensi oleh masyarakat juga dibutuhkan agar ketertiban dan kenyamana yang diharapkan bisa terlaksana dengan baik.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

 

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.