Desa Wisata Unggul Majukan Pariwisata Indonesia

Desa Wisata Unggul Majukan Pariwisata Indonesia – Pariwisata di Indonesia memiliki banyak potensi dalam berbagai bentuk tema daya tarik wisatanya, mulai dari wisata budaya, wisata alam, dan wisata buatan. Perpaduan antara wisata budaya, alam dan buatan telah menarik kedatangan wisatawan asing dan domestik. Tren wisata sekarang terlihat bahwa daya tarik wisata tidak mempengaruhi kepuasan wisatawan, namun kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Dengan ini, menambah perspektif bahwa dengan meningkatkan layanan yang diberikan, akan meningkatkan kepuasan wisatawan di masa sekarang.

Sesuai RPJMN 2020-2024, Kemenparekraf menargetkan sebanyak 244 desa wisata dan 71.381 desa digital, tersertifikasi sebagai desa wisata mandiri pada 2024. Jika ditambahkan, total tempat wisata berupa desa wisata di Indonesia semakin bertambah ribuan. Berdasarkan Statistik Potensi Desa 2018, Kemendesa PDTTIndonesia memiliki jumlah total 7.275 desa wisata yang tersebar di seluruh provinsi. Adapun Jawa Timur kemudian Jawa Tengah menjadi provinsi dengan desa wisata terbanyak melebihi 1000 tempat.

Pengembangan desa wisata punya peranan penting untuk banyak aspek, salah satu bentuk percepatan pembangunan desa secara terpadu untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika hampir semua desa di Indonesia ingin mengembangkan sektor ini.

Dalam pengembangan desa wisata ini diperlukan kesiapan sumber daya manusia agar mereka tidak menjadi penonton di rumah sendiri. Oleh karena itu, tiap daerah dan desa perlu mencermati potensi yang dimiliki untuk diangkat dan dikembangkan agar memberikan nilai tambah serta menghasilkan produktivitas yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca juga : Nande-Nande Perengge-rengge Sebagai Role Model Perempuan di Ruang Publik

Desa wisata menyuguhkan wisatawan alam terbuka, tradisi, hingga interaksi lingkungan dengan produk pariwisatanya yang beragam, dari gunung, danau, sungai, pantai, hingga laut. Atau potensi budaya seperti adat-istiadat, museum, benteng, hingga situs peninggalan sejarah. Selain itu, salah satu aspek penunjang yang harus dimiliki desa wisata yaitu Homestay yang berperan penting dalam memberikan pengalaman menarik dan unik bagi wisatawan.

Untuk informasi mengenai artikel pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *