Inilah Manfaat Potensi Sumber Daya Alam Pariwisata di Indonesia

Potensi Sumber Daya Alam

Potensi sumber daya alam pariwisata di Indonesia sangat beragam sehingga bisa dimanfaatkan untuk menarik minat wisatawan.

Sumber daya alam pariwisata di Indonesia sangat beragam, mulai dari sumber daya alam, budaya, kuliner, dan lain sebagainya. Diketahui, sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang bisa berasal dari alam dan memiliki nilai guna yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Sumber daya alam berdasarkan sifatnya terbagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang bisa diperbaharui dan tidak bisa diperbaharui. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah air, hewan, tumbuhan, tanah, dan matahari. Sumber daya alam jenis ini dapat dibudidayakan, atau dikembangbiakan. Sedangkan, contoh sumber daya alam yang tidak diperbaharui adalah gas alam, minyak bumi, batu bara, gas, perak, besi, dan lain sebagainya.

baca juga: Rencana Induk Pariwisata, Panduan Pembangunan Nasional

Sumber daya alam pariwisata di Indonesia menjadi daya tarik bagi para wisatawan berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, baik wisatawan domestik maupun macanegara. Sektor pariwisata sendiri menjadi salah satu sektor yang paling menjanjikan di Indonesia. Adanya sektor pariwisata di Indonesia berguna untuk menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan menunjang pendapatan devisa negara.

Pariwisata merupakan segala aktivitas wisata yang didukung dengan sarana dan prasarana untuk berbagai keperluan, baik keperluan hiburan maupun pribadi. Pariwisata juga berarti suatu rangkaian kegiatan wisata yang didukung oleh layanan dan fasilitas dari masyarakat, pemerintah, dan pihak swasta. Sementara itu, wisata merupakan kegiatan perjalanan yang bertujuan untuk mengembangkan diri, rekreasi, proses belajar, dan meluaskan pengetahuan.

Dengan adanya potensi sumber daya alam pariwisata di Indonesia yang sangat banyak tersebut, maka salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan sumber daya alam pariwisata tersebut secara maksimal. Pemanfaatan sumber daya alam pariwisata berfungsi untuk meningkatkan kesejahteraan semua pihak khususnya masyarakat lokal yang tinggal di daerah tempat wisata, sekaligus juga sebagai pendongkrak pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Diketahui, pertumbuhan ekonomi sendiri bisa didapatkan dari berbagai bidang seperti politik, sosial, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Salah satu bidang yang juga sebagai penunjang ekonomi adalah pariwisata.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *