Kajian Kelompok Sadar Wisata Jawa Tengah 2018

Kajian Kelompok Sadar Wisata Jawa Tengah 2018

Penelitian Pariwisata – Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah tujuan wisata utama, karena memiliki daya tarik wisata budaya dan alam. Kekayaan wisata tersebut diharapkan menjadi pusat perhatian dan kunjungan wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Kegiatan pembangunan kepariwisataan berpengaruh pada peningkatan peran masyarakat yang secara luas memerlukan berbagai upaya pemberdayaan (empowerment) masyarakat, yang diharapkan masyarakat dapat berperan lebih aktif dan optimal sekaligus menerima manfaat positif. Karena, salah satu aspek mendasar bagi keberhasilan pembangunan kepariwisataan adalah diciptakannya lingkungan dan suasana kondusif yang mendorong tumbuh-kembangnya kegiatan kepariwisata. Selain itu, keberadaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) memberikan keuntungan bagi setiap desa, di antaranya dapat merumuskan potensi wisata alam, budaya yang ada di desanya. Selanjutnya, pokdarwis dapat mengembangkan potensi wisata desa yang ditunjukan untuk mengembangkan kesejahteraan masyarakat.

Kajian pariwisata ini disusun dengan tujuan untuk memberikan potret umum Kelompok Sadar Wisata di Provinsi Jawa Teangah dalam kondisi terkini. Berdasarkan hasil kajian pada tahun 2017, tercatat sebanyak 631 pokdarwis di Provinsi Jawa Tengah, sebanyak 202 merupakan pokdarwis rintisan, dan 429 merupakan pokdarwis ber SK sehingga dalam penyusunan program Pokdarwis dibutuhhkan partipasi dan peran aktif dari pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat agar program tersebut dapat berlanjut.

Baca Juga : Pramuwisata Provinsi Jawa Tengah

Program kebijakan Pokdarwis yang dapat diusulkan antara lain pemetaan dan penentuan potensi yang dimiliki masing-masing daerah, pembuatan regulasi atau pedoman pengelolaan desa wisata, serta strategi branding melalui media sosial, dan pembinaan melalui diskusi, pendidikan dan pelatihan, workshop, lomba, dan pemanfaatan media massa baik cetak maupun elektronik.

PT Kirana Adhirajasa Indonesia, selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dan semua pihak sehingga terselesainya kajian pariwisata terkait Kelompok Sadar Wisata Jawa Tengah Tahun 2018.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kajian dan konsultan pariwisata dapat menghubungi Admin Kami 0812-1501-7910

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *