Mengenal Profil & Potensi Desa Wisata Conto Kabupaten Wonogiri

Desa Wisata Conto Kabupaten Wonogiri – Desa Conto, merupakan desa yang berada di Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri terletak di sisi selatan lereng gunung lawu, secara administratif Desa Conto terbagi menjadi 5 dusun yaitu dusun Sumber, dusun Nglarangan, dusun Dalisemar, dusun Ngelo dan dusun Kempul. Desa Conto merupakan desa di ujung utara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Desa Conto memiliki potensi wisata alam yang perlu dikembangkan, wisata tersebut antara lain Goa Resi, Bukit Gendol, Soko Langit, Kebun Sayur Banteng dan Rumah Kopi. Wisata-wisata tersebut merupakan wisata berbasis keindahan alam dan ilmu. Dalam pengembangannya tentunya Pemerintah Desa tidak tidak bisa bekerja sendiri sehingga Pemerintah Desa bermitra dengan pihak ketiga untuk mengembangkan objek wisata tersebut menjadi paket desa wisata Conto.

Profil Desa Conto Wonogiri diuntungkan dengan adanya sumber daya alam dan manusia yang mumpuni dalam membangun dan mengembangkan desa wisata. Objek wisata alam yang ada di Desa Wisata Conto, antara lain, kolam renang Soko langit, Goa Resi, kebun sayur, hutan pinus, dan camping ground.
Secara umum destinasi wisata di desa ini terbagi menjadi Area Goa Resi, Area Bukit Gendol, Kebun Sayur Banteng, Sawah Terasering. Lalu ada Bumi Perkemahan Sumber, Soko Langit, Lapangan Dalisemar, Puncak Kukusan, dan Jalan Kenangan.  Ada lagi potensi agrowisata karena dulu pernah memiliki tanaman khas yang tidak terdapat di daerah lain, yakni jeruk keprok. Bahkan tidak hanya jeruk keprok, masyarakat pun mengembangkan jambu kristal dengan proyeksi lokasi tanam di setiap pekarangan warga. Selain itu, terdapat kebun sayur banteng juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Desa Conto.

Kini desa wisata di Wonogiri ini memiliki beberapa kesenian yang cukup aktif, yaitu rebana, angklung, kethek ogleng, dan reog. Ketiganya juga sudah mempunyai kelompok atau sanggar dan sering menggelar pertunjukan. erdapat pula kerajinan akar wangi di Desa Conto. Hebatnya lagi produk dari kerajinan ini sudah terkenal sampai ke mancanegara dan sering ikut serta dalam berbagai pameran. Bahkan Presiden Joko Widodo saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo sering memesan produk kerajinan ini. Begitu pula Dinas Pendidikan Jawa Tengah yang pernah membeli produk dengan judul karya Garuda Wisnu Kencana.

Baca juga : Potensi Desa Wisata Waleng Kabupaten Wonogiri

Desa Wisata Conto Kabupaten Wonogiri – Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *