Profil Desa Wisata Parikesit Kabupaten Wonosobo

Profil Desa Wisata Parikesit – Desa Parikesit Kecamatan Kejajar, merupakan salah satu desa yang berada di sebelah barat Kecamatan Kejajar, dengan luas wilayah 1190 Ha yang semuanya merupakan tanah Kering 1190 Ha, dan merupakan Daerah Dataran Tinggi, secara administratif terbagi dalam satu (2) Dusun 11 RT dan 5 RW.

Adapun batas-batas Desa Parikesit Sebagai berikut :

  1. Sebelah Utara Desa Patakbanteng
  2. Sebelah Timur Desa Suren gedhe
  3. Sebelah Selatan Desa Tieng
  4. Sebelah Barat Desa Sembungan

Desa Parikesit yang merupakan daerah pegunungan yang termasuk dalam jenis pegunungan muda dengan lembah yang terjal. Sebagai Daerah yang dekat dengan gunung Prau dan Paku waja Desa Parikeist termasuk daerah Yang subur. Hal ini sangat mendukung pengembangan pertanian sebagai mata kebutuhan utama masyarakat desa Parikesit.

Komediti utama pertanian yang dihasilkan antara lain adalah sayuran Kentang, Kubis, Wortel, Loncang , Cabe, Tembakau dan jagung. Begitu pula Budidaya carica dan Terong belanda. Selain itu ikut menunjang juga komediti kandang kambing. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya masyarakat yang memelihara dan beternak Kambing/Domba, Itik, dan lain-lain.

Di Desa Wisata terdapat beberapa daya tarik wisata, salah satunya adalah ukit Sikapuk atau Awan Putih. Tempat wisata yang memiliki pemandangan hamparan awan putih dan pegunungan tersebut sengaja dibuat warga setempat supaya wisatawan yang datang ke Dieng memiliki banyak pilihan tujuan wisata. Bukit Awan Sikapuk ini adalah salah satu destinasi wisata yang hits di Wonosobo ini menjadi pilihan liburan yang sangat cocok bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Menikmati keindahan alam Wonosobo yang begitu indah dan sejuk. Apalagi jika berlibur ke Bukit Awan Sikapuk. Wisata Bukit Awan Sikapuk ini sangat hits di media sosial. Wisata ini terletak di daerah desa Parikesit yang tergolong objek wisata yang masih sangat baru. Sesuai dengan namanya, tempat ini berada di Bukit Awan Putih Dieng yang memiliki keindahan alam yang menawan.

Masyarakat desa wisata Parikesit melestarikan beberapa kebudayaan. Yaitu:

  1. Budaya Pamongan

Diadakan setahun sekali, masyarakat akan berkumpul dan menyantap hidangan bersama. Kegiatan ini dilakukan setahun sekali. Dengan menyuguhkan berbagai makanan tradisional dari daerah Parikesit dan Wonosobo pada umunya.

  1. Kemulan

Salah satu tradisi masyarakat yang bertahan adalah kemulan jarit untuk wanita dan kemulan sarung untuk pria. Dalam dialek lokal, istilah kemulan mengacu pada menyelimuti anggota badan dengan kain.

  1. Karingan

Sebagai komoditi utama, olahan Carica banyak ditemukan di sini. Mulai dari manisan hingga sirup. Begitu juga dengan kentang, ada keripik kentang Dieng yang enak rasanya. Cabe Dieng yang juga banyak dihasilkan bumi Parikesit juga telah diolah menjadi keripik pedas. Tak lupa, Kawanjo bisa membeli sayur mayur dan buah-buahan segar langsung dari petaninya.

Baca juga : Potensi Desa Wisata Maron Kabupaten Wonosobo

Profil Desa Wisata Parikesit – Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *