Prinsip Pengembangan Goa Seluman Ditinjau Dari Aspek Sejarah

Prinsip Pengembangan Goa Seluman Ditinjau Dari Aspek Sejarah – Prinsip utama pengembangan Pesanggrahan Goa Seluman dalam perspektif sejarah adalah pelestarian karena pesanggrahan ini memiliki beberapa nilai penting yang harus diwariskan kepada generasi penerus baik di lingkup lokal maupun Yogyakarta. Pelestarian menjadi fondasi penting dalam mengembangkan pesanggrahan Goa Seluman sebagai destinasi wisata karena beberapa pertimbangan antara lain:

  1. Pesanggrahan ini terbuat dari pasangan bata berplester bligon, sehingga memiliki sifat-sifat, mudah rusak. Seiring dengan berjalannya waktu pesanggrahan tersebut menghadapi ancaman baik dari dalam maupun dari luar. 
  2. Faktor dari dalam adalah pelapukan bahan karena usia bangunan yang sudah tua, sedangkan faktor dari luar adalah perubahan suhu, iklim, asap kendaraan, getaran kendaraan bermotor, dan perubahan fungsi lahan. 
  3. Sifat peninggalan budaya yang demikian ini secara fisik keberadaannya kurang menguntungkan 

Untuk itu, agar bangunan pesanggrahan ini perlu dilestarikan dengan cara dipugar, sehingga dapat memperpanjang usia bangunan, dimanfaatkan dan dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang. Pesanggrahan Goa Seluman merupakan warisan nenek moyang yang memiliki nilai penting (nilai penting sejarah, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan) dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia

Dalam aspek sejarah, Pesanggrahan Goa Seluman yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono II jauh dari pusat Kraton ini, tidak hanya sebagai tempat peristirahatan atau rekreasi raja saja, namun juga untuk menghindari dari pengawasan pemerintah kolonial. Selain itu Pesanggrahan Goa Seluman juga mempunyai nilai penting dalam konteks ilmu pengetahuan karena dapat menjadi sumber pengetahuan berkaitan dengan pembangunan saluran atau taman air. Selain itu, situs ini menjadi sumber pembelajaran tentang arsitektur dan konstruksi bangunan pada masa awal abad ke-19.

Baca juga : Wisatawan Mancanegara Asia Tenggara Berperan dalam Sektor Pariwisata Indonesia 

Pesanggrahan Goa Siluman menjadi bukti bahwa keberadaannya sangat penting karena situs ini merupakan tempat istirahat atau rekreasi serta simbol perlawanan dari HB II terhadap pemerintah kolonial terutama kedudukannya untuk pembuatan senjata dalam melawan pemerintah Raffles. Selain itu, Goa Seluman memiliki konstruksi yang khas dan indah karena dibangun di bawah tanah.

 

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di(0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *