Profil & Potensi Desa Wisata Kemuning Kabupaten Karanganyar

Profil & Potensi Desa Wisata Kemuning – Desa Kemuning dihuni 1.604 jiwa dengan luas lahan 669,207 Ha data ini diperoleh atas laporan kelurahan bulan November 2014. Wilayah yang memenuhi potensi wisata dan akan direncanakan menjadi wisata kampung teh sebanyak lima (5) RT yaitu, RT 1, RT 4, RT 5, RT 7 dan RT 9.

Secara geografis batas Desa Kemuning adalah sebagai berikut:

Barat : Desa Ngargoyoso

Timur : Desa Segoro Gunung

Utara : Kecamatan Jenawi

Selatan : Desa Girimulyo

Salah satu tempat wisata kuliner bernuansa tradisional dan jaman dulu (jadul) adalah pasar Mbatok. Pasar Mbatok yang hanya buka di hari Sabtu dan Minggu berlokasi di Dusun Badan, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar dengan maksud mengangkat kembali kearifan lokal yang ada di Lereng Lawu. Jenis acara yang digelar di Pasar Mbatok antara lain : Gelar Makanan dan Minuman Tradisional, Workshop, Aneka Hiburan Seni Tradisional dan Kontemporer, Permainan Tradisional, Eco Tourism dan masih banyak lagi. Meski bernuansa masa lalu, namun pasar Mbatok justru visioner, terutama dalam hal pelestarian lingkkungan. Pasar ini sangat ramah lingkungan, karena menerapkan peraturan zero plastic atau melarang penggunaan barang plastik, baik bagi pedagang maupun pengunjung. mata uang rupiah tidak berlaku di Pasar Mbatok. Transaksi jual beli menggunakan lempengan kayu bundar yang disebut dengan ketip, satu ketip ini bernilai dua ribu rupiah.

Terdapat beberapa potensi wisata di Desa Kemuning antara lain:

  • Pring Kuning

Pring Kemuning merupakan obyek wisata yang ekstrim yang terdapat di Desa Kemuning. Salah satu wisata unggulan yang banyak diminati oleh wisatawan karena dapat memacu adrenalin.

  • Lembah Sumilir
  • Kali Pucung

Kali Pucung merupakan wisata river tubing yang dalam operasionalnya dikelola oleh warga RT dan RW setempat. Arus kali yang tenang membuat objek wisata ini sesuai untuk anak-anak.

  • Jeep And Trail Road

Jeep dan trail road merupakan obyek wisata yang menyuguhkan sensasi mengelilingi perkebunan teh kemuning dengan mengendarai jeep maupun motor trail, wisatawan disuguhkan dengan pemandangan kaki gunung lawu dan juga pengalaman yang memacu adrenalin

  • Taman Bintang
  • Taman Bogor
  • Kemuning Garden
  • Taman Bunga Lurong Jero

Selain itu, Desa Kemuning memiliki potensi hasil bumi berupa perkebunan teh yang telah menjadi ikon dari desa tersebut. Dari kekayaan alam yang dimiliki desa ini, kemuning menjadi daerah agro wisata yang dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu sumber daya manusia di Desa Kemuning juga memiliki potensi di bidang seni. Hal itu meliputi Tari Podo Sewu yang mempresentasikan proses pertempuran Belanda yang lari ke Podo Sewu, dengan melibatkan seribu pemuda yang belum beristri. Selain itu, Desa Kemuning juga melestarikan kesenian keroncong, wayang karakter serta Reog Wahyu Budaya.

Baca juga : Dampak Pariwisata Terhadap Lingkungan

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan kami, anda dapat menghubungi admin (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *