Semarang Night Carnival Kolaborasi Budaya Sejarah dan Inovasi

Semarang Night Carnival Kolaborasi Budaya Sejarah dan Inovasi – Semarang Night Carnival (SNC) merupakan sebuah karnaval malam hari yang diselenggarakan di Kota Semarang, Jawa Tengah. Karnaval ini merupakan salah satu acara tahunan terbesar di Semarang yang selalu menarik perhatian banyak wisatawan.

SNC pertama kali diadakan pada tahun 2011 dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Semarang ke-466. Sejak saat itu, SNC menjadi acara rutin yang selalu dinanti-nantikan oleh masyarakat Semarang dan sekitarnya. Setiap tahun, SNC selalu mengangkat tema yang berbeda-beda. Tema-tema yang diusung biasanya berkaitan dengan budaya, sejarah, atau ciri khas Kota Semarang.

Atraksi utama SNC adalah parade kostum yang diikuti oleh berbagai kelompok peserta dari berbagai instansi, sekolah, dan komunitas. Para peserta parade menampilkan kostum-kostum yang meriah dan kreatif sesuai dengan tema yang diusung. Selain parade kostum, SNC juga dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan seni dan budaya lainnya, seperti tari tradisional, musik kontemporer, dan pertunjukan teater.

Menurut kajian oleh Budiharti dkk (2019), desain kostum peserta SNC memiliki nilai estetika sesuai dengan tema yang diusung dan menggambarkan nilai tertentu. Desain kostum peserta SNC diantaranya kostum Asem Arang, kupu-kupu, Lawang Sewu, pantai, dan sebagainya. 

Pada tahun 2023, SNC digelar dengan mengangkat tema “The Luxury” dan subtema “Keris, Chandelier, Kipas, dan Lotus”. SNC tahun 2023 digelar berkolaborasi dengan Kemenparekraf sebagai pembuka event Semarak Jejak Kreatif 2023. Peserta terdiri dari kepala OPD, camat, mahasiswa, pelajar, masyarakat umum, dan komunitas lainnya. Sementara pada tahun 2024, SNC kembali digelar dengan mengusung tema “NISCALA” dan subtema “Elang, Barongsai, Rewanda, dan Warak Ngendog” yang akan dilaksanakan pada 4 Mei 2024 mendatang. 

Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, mengatakan bahwa SNC memang digelar secara meriah guna mendatangkan wisatawan ke Kawasan Kota Lama Semarang. Kemeriahan acara dipadukan dengan kemegahan gedung di Kawasan Kota Lama Semarang sehingga menambah daya tarik pariwisata. 

SNC telah memberikan dampak positif bagi Kota Semarang, baik dalam hal ekonomi maupun pariwisata. Karnaval ini menjadi salah satu daya tarik pariwisata bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kota Semarang. SNC juga telah membantu mempromosikan budaya dan tradisi Kota Semarang kepada dunia luar.

Rute SNC biasanya dimulai dari Jalan Pemuda dan berakhir di Simpang Lima. Karnaval ini biasanya diadakan pada malam hari, sekitar pukul 19.00 WIB. 

Semarang Night Carnival adalah sebuah acara yang menarik dan meriah yang patut dikunjungi. Karnaval ini menawarkan pengalaman yang unik dan tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Baca juga : Membangun Ketahanan Sektor Pariwisata

Sumber;

Budiharti, B., Syakir, S., & fakhrihun Naam, M. (2019). The Aesthetic Value of Costume Design in Semarang Night Carnival. Catharsis, 8(3), 321-332.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *