Wacana Iuran Pariwisata dibebankan dari Tiket Pesawat

Wacana Iuran Pariwisata dibebankan dari Tiket Pesawat – Rencana pemerintah memungut iuran pariwisata melalui tiket pesawat menuai polemik di kalangan masyarakat lantaran berpotensi semakin membebani para penumpang pesawat. Hal ini membuat masyarakat khawatir, mengingat tiket pesawat yang sudah mahal, akan semakin mahal dengan adanya iuran pariwisata tersebut.

Iuran pariwisata dari tiket pesawat dapat berupa berbagai macam biaya tambahan yang ditambahkan ke dalam harga tiket pesawat. Beberapa negara atau daerah menerapkan kebijakan untuk mengenakan biaya tambahan pada tiket pesawat sebagai bentuk kontribusi wisatawan terhadap pengelolaan dan pembangunan pariwisata di destinasi yang mereka kunjungi. Biaya ini dapat disebut dengan berbagai istilah, seperti “pajak pariwisata”, “biaya promosi pariwisata”, atau “pajak pariwisata dan lingkungan”.

Penggunaan iuran pariwisata dari tiket pesawat biasanya ditujukan untuk mendukung pembangunan infrastruktur pariwisata, promosi pariwisata, pelestarian lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat lokal di destinasi pariwisata. Pendapatan dari iuran ini dapat digunakan untuk memperbaiki fasilitas pariwisata, mempromosikan destinasi, dan memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat setempat.

Namun, perlu dicatat bahwa kebijakan mengenai iuran pariwisata dari tiket pesawat dapat bervariasi antar negara dan daerah. Beberapa negara mungkin menerapkan iuran ini secara wajib, sedangkan yang lain mungkin memberikan opsi kepada maskapai penerbangan untuk memasukkan biaya tambahan ini ke dalam harga tiket pesawat.

Baca juga : Kerja Sama Pariwisata Hijau

Menanggapi hal ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengatakan memang ada rapat koordinasi pembahasan untuk dana pariwisata berkelanjutan. “Memang ada rapat koordinasi pembahasan untuk dana pariwisata berkelanjutan, dan per hari ini (Senin, 22/4) jangan khawatir tidak akan membebani masyarakat dengan harga tiket yang lebih mahal lagi,” ujar Sandiaga, dalam Weekly Press Brief yang digelar secara online, Senin (22/4).

Wacana Iuran Pariwisata dibebankan dari Tiket Pesawat – Lebih lanjut, Sandiaga menekankan bahwa hal ini masih dalam kajian. Apalagi, harga tiket pesawat, khususnya penerbangan domestik saat ini masih mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *