Alih Aksara Dan Alih Bahasa Naskah Kuno; Labu Jepang (Sechium Edule)

Labu jepang dapat digunakan untuk bermacam macam jamu yang membersihkan darah, namun sayang bahwa tanaman ini tidak dapat tumbuh di hawa panas. Di tanah dengan ketinggaian 2000 kaki atau lebih akan dapat berbuah banyak.

Gunanya tidak saja untuk membersihkan darah, namun juga menyejukkan badan. Tanaman ini tumbuh seperti juga labu Jawa, sejenis tumbuhan merambat, bunganya kecil dan berwarna putih. Buah labu jepang ini dapat digunakan untuk masakan yang enak rasanya-apabila dimasak dengan baik.

Cara memasak Labu Jepang adalah Iris labu jêpang separo panjang jari dengan panjang satu jari, iris lagi melintang, masukan dalam sedikit air, tambah garam, rebus hingga masak. Air cukup untuk sekedar mematangkan labu ini, setelah beberapa menit labu akan matang, tiriskan. Masak sebagai Kolak dengan prêsan, sedikit pati jagung, mentega, campur dengan parutan buah pala, apabila di kolak dengan prêsan, rasakan sudah cukupkah garamnya. Masyarakat Jawa secara umum menggunakan labu jepang sebagai lalapan atau sebagai tambahan sayur pada pecel dan juga dikolak dengan gula kelapa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *