ANALISIS PASAR : CERUK PASAR KOTA SURAKARTA TAHUN 2019

Sektor pariwisata, sebagai salah satu sektor strategis dalam pembangunan nasional selama satu dekade terakhir terus menunjukkan kontribusi yang signifikan dalam menopang perekonomian nasional, khususnya dalam memperoleh devisa negara. Dalam upaya memperkokoh dan meningkatkan kinerja kepariwisataan ke depan, Kementrian Pariwisata telah menetapkan portofolio pasar dan portofolio produk sebagai salah satu acuan dalam pengembangan kepariwisataan.

Ceruk pasar merupakan strategi cakupan pasar di mana perusahaan mengejar salah satu dari sebagian besar segmen atau beberapa segmen atau ceruk. Ceruk memungkinkan perusahaan yang lebih kecil memfokuskan sumber daya mereka yang terbatas pada melayani segmen ceruk yang mungkin tidak penting atau diabaikan oleh pesaing yang lebih besar. Banyak perusahaan memulai sebagai pelaku ceruk pasar untuk mendapatkan pijakan melawan pesaing yang lebih besar dan kemudian tumbuh menjadi pesaing yang lebih ketat. Di samping itu, dalam bahasa ekonomi, ceruk pasar (niche market) dipahami sebagai segmen pasar yang lebih spesifik. Dengan jumlahnya relatif kecil, namun jika dikelola dengan baik akan meningkatkan jumlah kunjungan, jumlah belanja, dan memungkinkan mendapat loyalitas.

Dalam hal ini, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan pariwisata adalah dengan menggarap niche market atau ceruk-ceruk pasar khusus, dengan program-program yang spesifik. Hal ini dilakukan agar pelaku wisata mendapat gambaran detil tentang target pasarnya dan karakteristiknya lebih homogen, maka hal tersebut akan memudahkan dalam melayani sektor pariwisata. Sebenarnya di setiap daya tarik wisata selalu terdapat niche market yang bisa dikembangkan dan digarap, hanya saja belum digali lebih dalam bahwa ceruk pasar tersebut ada dan sangat potensial. Hal tersebut biasa terjadi pada daya tarik wisata di suatu daerah, salah satunya di Kota Surakarta.

PT Kirana Adhirajasa Indonesia, selaku konsultan pariwisata mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Kota Surakarta dan semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Kajian Analisa Pasar: Ceruk Pasar Kota Surakarta yang bertujuan untuk mendeskripsikan potensi pariwisata dengan pola ceruk pasar, mengetahui dan menganalisis pola ceruk pasar, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan ceruk pasar wisata dan menyusun kebijakan dan strategi pengembangan untuk meningkatkan ceruk pasar di Kota Surakarta.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kajian atau konsultasi Pariwisata dapat menghubungi Admin kami di 081215017910.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one + thirteen =

Latest Comments