Analisis Pasar Pulau Kumala tahun 2016

Penelitian Pariwisata – Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan salah satu destinasi pariwisata yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten Kutai Kartanegara setiap tahunnya dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Dengan mempertimbangkan bahwa Pulau Kumala memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, maka kawasan ini memerlukan suatu strategi pemasaran yang baru pasca diresmikannya jembatan Repo-Repo dan dibuka kembali untuk umum. Strategi pemasaran yang tepat juga diperlukan untuk menjaga daya tarik Pulau Kumala sebagai kawasan wisata sehingga kondisi industri pariwisata akan terangkat dengan adanya wisatawan yang datang. Bagi stakeholders kawasan, sebuah strategi pemasaran yang andal bisa menjadi landasan strategi bisnis yang bisa memandu para pelaku, khususnya pengelola kawasan ini dalam menjalankan pengelolaan yang menghasilkan nilai tambah ekonomi kawasan secara berkelanjutan.

Penelitian Pariwisata – Strategi pemasaran yang tepat memerlukan informasi aktual yang tepat pula. Informasi aktual ini mencakup informasi yang berasal dari faktor internal maupun eksternal. Analisis internal dan eksternal dapat diketahui dari stakeholders yang terkait secara langsung karena stakeholders tersebut merupakan orang/badan yang berperan untuk mengambil suatu kebijakan atas strategi pemasaran yang ditetapkan. Analisis lingkungan internal perlu dilakukan untuk mengetahui secara tepat kelemahan-kelemahan dan kekuatan-kekuatan yang dimiliki. Kondisi eksternal juga perlu dilakukan untuk mengetahui ancaman dari luar, baik itu yang sudah terjadi maupun ancaman yang bersifat potensial. Selain itu, pada analisis lingkungan eksternal juga dapat diketahui peluang apa saja yang bisa dipergunakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Berdasarkan dari analisis-analisis tadi alternatif- alternatif suatu strategi pemasaran dapat disusun secara tepat.

PT. Kirana Adhirajasa Indonesia, selaku konsultan pariwisata mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kartanegara atas kepercayaan dan kerjasamanya sehingga terselesaikan kajian pariwisata terkait Analisis Pasar Pulau Kumala tahun 2016. Diharapkan kajian ini dapat dijadikan bahan penyusunan kebijakan serta peningkatan kualitas Pulau dalam bidang pariwisata.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kajian atau konsultasi Pariwisata dapat menghubungi Admin kami di 081215017910

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + 9 =

Latest Comments