Alih Aksara Dan Alih Bahasa Naskah Kuno; Inggu (Ruta Graveolens)

Jamu untuk mengeluarkan keringat dan lain lainnya. Daun Inggu itu sifatnya membuat nyaman serta apabila digunakan untuk berbilas dengan daun Inggu, cuka dan sedikit air maka akan dapat mengeluarkan keringat. Anak yang sedang sakit sawanên selamanya akan menggunakan jamu daun Inggu. Sebaiknya daun Inggu di rendam dalam cuka, juga bisa digunakan untuk demam. Kepala harus dikompres dengan daun Inggu.

Anak-anak kecil seringkali mengalami gejala, si anak muntah-muntah, badannya sangat panas, kalau tidur meringkuk, gemetar, buang air besar cair, buang air kecil sedikit, tidak memiliki nafsu makan, sehingga perut tidak terisi makanan apapun. Ini adalah tanda tanda yang sudah saya alami sendiri ketika ketika anak saya sakit seperti itu, dhoktêr menyebut sakit yang diderita adalah kolera anak. Di Padang terdapat anak anak berusia kurang lebih satu tahun yang mengalami hal ini. Ketika dokter memberikan kastêr oli, tidak dapat menolong dengan baik, juga obat demam bubuk, banyak dari anak anak itu yang meninggal dunia.

Ada seorang wanita peranakan yang memiliki wawasan yang luas, menceritakan pada saya bahwa penyakit itu disebut sawan di dalam, serta berdiskusi dengan saya untuk sebisa mungkin menumbuk hingga halus ranting Inggu tanpa daun sepanjang sekitar satu jari, tambah sedikit garam dan air, sesendhok tèh, saring dengan kain halus, minumkan pada si sakit hingga muntah berhenti. Berikan makan pada si anak, lalu berikan air perasan yang telah dicairkan, jangan yang lain. Bila terasa sangat haus, dapat berikan es yang halus. Berikan si anak nasi tim yang lunak. Setelah beberapa hari, minumkan campuran putih telur, air dan gula, hingga si anak sembuh.

Penderita sakit Kuning dengan panas yang hebat dan apabila kencingnya berwarna putih kadang terlihat seperti lumpur, cukup diobati dengan getah Inggu. Cukup sebuah yang besarnya tiga butir kina. Getah dicampur dalam air panas sagêlas bitêr sudah cukup, minum sekaligus, maka tidak seberapa lama akan terlihat segar. Minumkan juga air têmulawak dan lain lainnya selama sebulan. Adapun cara meraciknya seperti yang telah saya sebutkan di bagian lain. Apabila kondisi si sakit sudah cukup kuat, beristirahatlah di daerah pegunungan. Menurut pendapat saya hal itu sangat perlu, meskipun si sakit berada di daerah yang dingin , jangan lupa  untuk selalu minum air têmulawak setiap hari. Apabila anak kecil yang mengalami demam, sangat perlu untuk membungkus bagian pergelangan tangan dan kaki dengan selendang yang telah dicelupkan tumbukan daun Inggu cuka dan air. Ganti kompres tersebut setiap beberapa saat, bagian kepala juga tidak lupa untuk terus dibasahi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *